Produsen Baterai Lokal Makin Banyak, Harga Motor Listrik Bisa Murah

News 20/09/2023, 17:12 WIB
Produsen Baterai Lokal Makin Banyak, Harga Motor Listrik Bisa Murah

BOGOR, KOMPAS.com - Pameran Indonesia Electric Motor Show (IEMS 2023) jadi ajang unjuk gigi bagi beberapa produsen komponen motor listrik lokal.

Komponen-komponen yang kini diproduksi lokal antara lain baterai, dinamo BLDC, sampai kit konversi. Hal ini dianggap sebagai kabar baik bagi produsen motor listrik, dan konsumen.

Melihat dari sudut pandang produsen, banyaknya komponen lokal akan mendongkrak Tingkat Kandungan Dalam Negeri (TKDN) hingga mencapai nilai ambang batas. Biaya produksi juga bisa jauh menurun.

Sedangkan dari sudut pandang konsumen, turunnya biaya produksi kemungkinan akan berdampak pula pada penurunan harga motor listrik.

Baca juga: Ada Bengkel Konversi Motor Listrik Baru, Tawarkan Harga Lebih Murah

Investor melihat-lihat produk Dinamo motor listrik produksi lokal(Kompas.com/Daafa Alhaqqy)

Ganesha Tri Chandrasa, EV and RE Senior Researcher Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN), menilai situasi ini sangat baik dalam mempercepat jalannya program elektrfikasi nasional.

“Ini indikator jika ekosistem listrik di Indonesia mulai berjalan dan terstruktur,” ucapnya kepada Kompas.com di Bogor, Rabu (20/9/2023).

Dia menambahkan, pengimplementasian produk lokal sebagai barang jadi tentunya membutuhkan waktu, menimbang ada aturan dan regulasi sertifikasi yang wajib dipenuhi.

“Setidaknya sekarang pnyerapan dimulai dari segmentasi produsen dulu, nantinya pasti akan menyebar ke konsumen,” ucapnya.

Tag

Artikel Terkait

Lihat Semua
Close Ads