Ketua KPK Sesalkan Tak Ada Capres yang Sodorkan Gagasan Pemberantasan Korupsi dalam Debat di KPU

Rabu, 13 Desember 2023 | 18:46 WIB

Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Sementara Nawawi Pomolango menyinggung sejumlah indikator yang menyatakan pemberantasan korupsi di Indonesia masih kurang efektif di depan Presiden Joko Widodo (Jokowi), Rabu (12/12/2023).KOMPAS.com/Syakirun Ni'am Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Sementara Nawawi Pomolango menyinggung sejumlah indikator yang menyatakan pemberantasan korupsi di Indonesia masih kurang efektif di depan Presiden Joko Widodo (Jokowi), Rabu (12/12/2023).

JAKARTA, KOMPAS.com - Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) sementara, Nawawi Pomolango mengatakan, tidak ada konsep pemberantasan korupsi yang ditawarkan tiga calon presiden (Capres).

Pernyataan itu disampaikan Nawawi saat menanggapi debat yang diikuti capres nomor urut 1 Anies Baswedan, nomor urut 2 Prabowo Subianto, dan nomor urut 3 Ganjar Pranowo pada Selasa (12/12/2023) malam.

Nawawi bahkan sempat menyentil acara yang digelar Komisi Pemilihan Umum (KPU) itu dengan debat kusir yang kemudian diralatnya.

"Semalam, saya ikut juga karena diundang menyaksikan debat kusir, eh maaf debat capres," ujar Nawawi dalam peringatan Hari Peringatan Antikorupsi Sedunia (Hakordia) di Istora, Senayan, Jakarta Pusat, Rabu (13/12/2023).

Baca juga: Saat Prabowo-Anies-Ganjar Sepakat soal Penguatan KPK dan Pemiskinan Koruptor...

"Capek-capek dari sini saya bela-belain ke sana, saya ingin mendengar ada konsep pemberantasan korupsi, enggak yang bisa ditawarkan oleh beliau (tiga capres)," katanya melanjutkan.

Pernyataan tersebut Nawawi sampaikan di depan pemimpin redaksi sejumlah media massa nasional, yakni Kompas.com, Narasi, IDN Times, VOI.id, organisasi masyarakat Transparancy International Indonesia (TII) dan pakar hukum tata negara.

Menurut Nawawi, dalam debat itu para capres hanya berjanji akan memberantas korupsi. Namun, tidak mengungkapkan bagaimana konsep yang jelas untuk menguatkan KPK maupun memberantas korupsi.

"Saya jadi menyesal kenapa harus bermacet-macet semalam," ujar Nawawi.

Baca juga: Anies: UU KPK Harus Direvisi, KPK Harus Dikuatkan Kembali

Sebelumnya, dalam debat capres prtama yang digelar KPU RI, Anies, Prabowo, dan Ganjar sepakat akan memberantas korupsi sampai memiskinkan koruptor.

Anies juga sempat menyinggung soal penguatan dan independensi KPK melalui revisi undang-undang.

Namun, ketiganya memang tidak menyampaikan dengan jelas bagaimana strategi dan konsep yang dibangun untuk memperkuat KPK.

Adapun topik debat sesi pertama itu menyangkut pemberantasan korupsi, hukum, pelayanan publik, demokrasi, hingga hak asasi manusia (HAM).

Baca juga: Debat Capres, Anies, Prabowo, Ganjar Dinilai Kurang Soroti Problem Pemberantasan Korupsi


Penulis : Syakirun Ni'am
Editor : Novianti Setuningsih