Laga Atletik Asian Games Tuntas, Rumput SUGBK Dipindahkan

By Rima Wahyuningrum - Sabtu, 1 September 2018 | 19:09 WIB
Foto udara di pengujung senja kompleks Stadion Utama Gelora Bung Karno (GBK), Jakarta, Selasa (26/12/2017).
Foto udara di pengujung senja kompleks Stadion Utama Gelora Bung Karno (GBK), Jakarta, Selasa (26/12/2017). (KOMPAS/WAWAN H PRABOWO)

JAKARTA, KOMPAS.com - Kepala Unit Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) Mulyani mengatakan tim seremoni penutupan Asian Games 2018 segera melakukan penataan lapangan usai laga atletik pada Kamis (30/8/2018) malam tuntas.

Tim, kata dia, harus segera mengamankan area lapangan dan lintasan atletik dengan ditutup armordeck, untuk melapisi agar terlindungi dari beban berat panggung yang dipasang untuk acara penutupan.

Sementara rumput lapangan dipindahkan ke eks lapangan hoki dan akan dikembalikan begitu penutupan Asian Games rampung. 

"Jam 10 (malam usai laga) mereka kemas-kemas lalu jam 00.00 ditutup sisi timurnya dengan armordeck untuk pemasangan panggung," kata Mulyani kepada Kompas.com, Sabtu (1/8/2018).

Rumput zoysia matrella yang digunakan di lapangan SUGBK diklaim yang terbaik di dunia. SUGBK menjadi tempat ketiga di Indonesia setelah lapangan golf Halim dan Stadion Gelora Bandung Lautan Api yang menggunakan rumput tersebut.

Rumput yang berasal dari Amerika Serikat itu dibibit di Thailand sebelum dikirim ke Indonesia.

Oleh karena itu, pengelola SUGBK menjaga kualitas tanah lapangan agar tidak rusak selama pemasangan panggung dengan ditutupi oleh papan armordeck.

Baca juga: Perusahaan Asal Perancis Ini Ikut Dilibatkan Dalam Penutupan Asian Games 2018

"Sebelum ditutup armordeck itu dilakukan pemupukan supaya rumput itu tidur. Tapi begitu ditanam kemarin langsung dirawat (dan) dipupuk. Ada alatnya pakai mesin, jadi cepat pekerjaan," katanya.

Pihaknya merasa lega bahwa pada acara seremoni penutupan Asian Games 2018 pada 2 September nanti disebutkan tidak memakan banyak beban yang menimpa area rumput.

"Closing (ceremony) kali ini lebih simpel panggungnya karena dikerjakan hanya dalam waktu dua hari. Begitu closing selesai nanti akan mulai langsung dibongkar," tambahnya.

Kompas TV Meski sejumlah cabang olahraga sudah menyelesaikan pertandingan masyarakat Jakarta tetap antusias mendatangi kompleks Gelora Bung Karno, Sabtu (1/9).



Editor : Krisiandi
Artikel Terkait


Close Ads X