Kapolri: Pengamanan Acara Penutupan Asian Games 2018 Terdiri dari 4 Lapis

By Devina Halim - Jumat, 31 Agustus 2018 | 15:49 WIB
Kapolri Jenderal Pol Tito Karnavian usai menghadiri Dies Natalis dan Wisuda STIK-PTIK, Rabu (4/7/2018).
Kapolri Jenderal Pol Tito Karnavian usai menghadiri Dies Natalis dan Wisuda STIK-PTIK, Rabu (4/7/2018). (KOMPAS.com/SAKINA RAKHMA DIAH SETIAWAN)

JAKARTA, KOMPAS.com - Kapolri Jenderal Pol Tito Karnavian mengatakan, skema pengamanan acara penutupan Asian Games 2018 yang akan diselenggarakan pada Minggu (2/9/2018) akan dibagi ke dalam empat lapis.

Lapisan pertama berada di dalam area Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), tempat acara berlangsung.

"Kita bagi menjadi empat ring, ring 1 di dalam GBK, itu yang bertanggungjawab Panglima TNI (Marsekal Hadi Tjahjanto), kan ada VIP di sana, ada presiden," ujar Tito di Bhayangkara TK.I R. Said Sukanto (Polri), Kramat Jati, Jakarta Timur, Jumat (31/8/2018).

Baca juga: Nonton Closing Ceremony Asian Games? Ini Daftar Kantong Parkirnya...

Kemudian, lapisan kedua berada di luar SUGBK dan diisi dari jajaran kepolisian. Sementara, petugas di lapisan ketiga akan menjaga area festival.

"Kalo di dalam SUGBK nanti ada 40.000 pengunjung, di luar nanti ada pasar festival yang menjual makanan dan produk Asian Games, kurang lebih ada 30.000 pengunjung," terangnya.

Lapisan terakhir berada di luar area SUGBK. Nantinya, Korps Lalu Lintas Kepolisian RI (Korlantas Polri) bertanggungjawab mengatur kondisi dan pengalihan lalu lintas.

Baca juga: Bonus Asian Games 2018 Cair Pekan Depan, Ini Besarannya

"Seperti kemarin ya Asia Afrika ditutup, kemudian Jalan Pemuda di depan TVRI juga ditutup. Nah, penutupan ini mungkin nanti akan berimbas kepada jalan-jalan lain sehingga akan diatur pengalihan arus," jelas Tito.

Total personil yang diturunkan untuk mengamankan penutupan Asian Games 2018 sejumlah 9.422 orang. Tim tersebut terdiri dari beberapa instansi, seperti Polri, TNI, Pemda satpol PP, Damkar, ambulan dan lain-lain.

Tito pun berharap pengamanan keseluruhan acara Asian Games 2018 dapat berjalan maksimal hingga akhir pagelaran.

Baca juga: Cerita di Balik Penyediaan Makanan Para Atlet Asian Games

"Setelah hari Minggu acara penutupan nanti, masih ada waktu sekitar 3 hari pengamanan untuk membantu para tamu-tamu kita ini untuk pulang ke negara masing-masing, kita akan permudah mereka," ucap dia.

Kompas TV Berbagai kejuaraan dan ajang di nasional dan internasional juga terus dijadikan bahan evaluasi atlet dalam persiapan Asian Games.



Editor : Diamanty Meiliana
Artikel Terkait


Close Ads X