Wiranto: Pilkada Enggak Usah Tegang-teganglah...

By Ardito Ramadhan - Rabu, 27 Juni 2018 | 11:29 WIB
Menkopolhukam Wiranto mengunjungi TPS 7 di Taman Malabar, Bogor, Jawa Barat, guna memantau pelaksanaan Pilkada serentak, Rabu (27/6/2018).
Menkopolhukam Wiranto mengunjungi TPS 7 di Taman Malabar, Bogor, Jawa Barat, guna memantau pelaksanaan Pilkada serentak, Rabu (27/6/2018). (KOMPAS.com/Ardito Ramadhan D)

BOGOR, KOMPAS.com — Menteri Koordinator Politik, Hukum, dan Keamanan Wiranto memastikan pelaksanaan pilkada serentak pada Rabu (27/6/2018) berlangsung aman.

Wiranto mengatakan, kondisi keamanan pada pelaksanaan pilkada tahun ini sesuai dengan harapan pemerintah ketika merencanakan pesta demokrasi itu.

"Saya sudah bertemu dengan para petugas di lapangan dan dilaporkan bahwa keadaannya aman, terib, terkendali. Sesuai harapan kita tatkala kita merencanakan pilkada serentak ini, kan seperti itu," kata Wiranto di Taman Malabar, Bogor.

Wiranto mengatakan, pihaknya belum menerima laporan tentang adanya ketegangan menyusul pelaksanaan pilkada serentak.

Baca juga: TPS Berkonsep Piala Dunia, Harapan agar tetap Rukun di Pilkada Serentak 2018

"Belum ada laporan seperti itu (ketegangan), jangan mengharap ketegangangan, enggak usah tegang-teganglah. Ini, kan, damai banget ini," katanya.

Wiranto menambahkan, pihaknya juga belum menemukan adanya laporan mengenai money politics atau biasa disebut serangan fajar.

Ia berharap masyarakat dapat menggunakan hak pilihnya tanpa tekanan dan dapat menghasilkan pemimpin yang baik.

Baca juga: Banjir Promo dan Diskon Selama Pilkada Serentak

"Dengan demikian, maka hasilnya pasti bagus, masyarakat tidak dipaksa, tidak ditekan. Syukur alhamdulillah keadaannya betul-betul tenang. Kita lihat sendiri," katanya.

Hari ini, 171 daerah menyelenggarakan pilkada secara serentak guna memilih kepala daerah mereka selama lima tahun ke depan. Ke-171 daerah itu terdiri dari17 provinsi, 39 kota, dan 115 kabupaten.

Kompas TV Simak dialognya dalam Sapa Indonesia Malam berikut ini



Editor : Ana Shofiana Syatiri
Artikel Terkait


Close Ads X