Polisi Periksa 4 Saksi Terkait Tertimbunnya Pekerja Galian

By Ardito Ramadhan - Rabu, 2 Mei 2018 | 14:39 WIB
Lokasi tertimbunnya seorang pekerja galian bernama Tarno di Jalan Jembatan Tiga, Jakarta Utara
Lokasi tertimbunnya seorang pekerja galian bernama Tarno di Jalan Jembatan Tiga, Jakarta Utara (KOMPAS.com/Ardito Ramadhan D)

JAKARTA, KOMPAS.com - Kepolisian Sektor Metro Penjaringan Jakarta Utara telah memeriksa empat orang saksi terkait tewasnya seorang pekerja galian pipa PAM Jaya, yang tertimbun longsoran galian di Jalan Jembatan Tiga, Penjaringan, Selasa (1/5/2018) kemarin.

Kanit Reskrim Polsek Metro Penjaringan Kompol Mustakim mengatakan, hasil pemeriksaan sementara menunjukkan longsor diakibatkan oleh struktur tanah yang labil.

"Struktur tanahnya terdiri dari sirtu (pasir batu) atau pasir dan batu terus kemudian bawahnya juga lumpur artinya tanahnya labil begitu," kata Mustakim di lokasi kejadian, Rabu (2/5/2018) siang.

Baca juga : Polisi Selidiki Dugaan Pelanggaran K3 di Proyek Galian Pipa PAM Jaya

Seorang pekerja galian bernama Tarno tewas tertimbun longsor di Jalan Jembatan Tiga Raya, Jakarta Utara, kemarin sore. Jenazah korban baru bisa diangkat pada Rabu pagi setelah terperangkap lebih dari 12 jam.

Berdasarkan pemeriksaan para saksi, kata Mustakim, Tarno telah menggali sedalam enam meter. Longsor tiba-tiba terjadi saat korban berada di lokasi galian.

"Begitu sudah gali enam meter, itu kondisi di tengah-tengah itu tanahnya longsor baik dari atas, samping kanan ataupun kiri. Akhirnya ya mereka terkubur di lokasi galian tersebut," kata Mustakim.

Empat saksi yang telah diperiksa polisi terdiri dari seorang mandor proyek dan tiga rekan kerja korban.

Polisi juga berencana akan memanggil pihak kontraktor, PAM Jaya, dan Dinas Ketenagakerjaan dan Transmigrasi DKI Jakarta terkait prosedur Keamanan dan keselamatan kerja.

"Setelah kami melakukan pemeriksaan dari semuanya, baru kami bisa ambil kesimpulan tentang bagaimana standar operasional kerjanya sop-nya dia," kata Mustakim.

Editor : Egidius Patnistik
Artikel Terkait


Close Ads X