KPK Amankan Uang Sekitar Rp 100 Juta Lebih di OTT Jawa Timur

Sabtu, 16 Maret 2019 | 06:36 WIB

Ketua Umum PPP Romahurmuziy tiba di Gedung Merah Putih Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Jakarta, Jumat (15/3/2019) malam. DYLAN APRIALDO RACHMAN/KOMPAS.com Ketua Umum PPP Romahurmuziy tiba di Gedung Merah Putih Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Jakarta, Jumat (15/3/2019) malam.

JAKARTA, KOMPAS.com - Tim penindakan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mengamankan uang sekitar Rp 100 juta lebih dalam operasi tangkap tangan (OTT) di wilayah Jawa Timur, Jumat (15/3/2019).

Dalam operasi ini, KPK mengamankan Ketua Umum PPP Romahurmuziy dan sekitar 5 orang lainnya. Mereka terdiri dari staf Romy, swasta, dan pejabat pada Kementerian Agama di daerah.

"Untuk uang yang diamankan sekitar Rp 100-an juta. Ini di luar dugaan penerimaan sebelumnya," kata Juru Bicara KPK Febri Diansyah dalam keterangan tertulis, Sabtu (16/3/2019) dini hari.

Baca juga: Titiek Soeharto Prihatin Ketua Umum PPP Terjaring OTT KPK

KPK menduga transaksi ini bukan yang pertama kalinya. Diduga, transaksi ini berkaitan dengan pengisian jabatan di Kementerian Agama baik di pusat dan daerah.

"Diduga terkait dengan pengisian jabatan di Kementerian Agama, baik di pusat maupun di daerah. Tentu kami perlu mendalami lebih lanjut informasi-informasi tersebut dan KPK belum bisa menyebutkan siapa saja orang-orang yang diamankan," ujar Febri.

KPK memiliki waktu 1 x 24 jam untuk menentukan status hukum dari pihak yang diamankan. Rencananya, KPK akan menjelaskan lebih rinci dalam konferensi pers, Sabtu siang nanti.

"Sabtu ini akan diumumkan hasil kegiatan tangkap tangan kemarin. Dari rangkaian fakta-fakta tersebut sudah terang dugaan tindak pidana korupsi. Namun selengkapnya akan diuraikan saat konferensi pers," ujar dia.

Kompas TV Komisi Pemberantasan Korupsi pagi tadi melakukan operasi tangkap tangan di Jawa Timur. Seorang petinggi partai dikabarkan terjaring dalam #operasitangkaptangan ini. Pihak-pihak yang ditangkap #KPK saat ini tengah diperiksa di Mapolda Jawa Timur di #Surabaya. Lewat pesan singkat ketua KPK Agus Rahardjo mengkonfirmasi kepada KompasTV bahwa ada giat KPK di Jawa Timur saat ditanya terkait operasi tangkap tangan salah satu ketua umum partai politik.




Penulis : Dylan Aprialdo Rachman
Editor : Khairina