Peresmian Skybridge Tanah Abang Tunggu Masyarakat Tertib

Senin, 4 Februari 2019 | 16:21 WIB

Suasana skybridge Tanah Abang, Jakarta Pusat, Rabu (9/1/2019).KOMPAS.COM/ RINDI NURIS VELAROSDELA Suasana skybridge Tanah Abang, Jakarta Pusat, Rabu (9/1/2019).

JAKARTA, KOMPAS.com - Direktur Utama Perumda Pembangunan Sarana Jaya Yoory C Pinontoan mengatakan skybridge atau jembatan penyeberangan multiguna (JPM) Tanah Abang belum akan diresmikan dalam waktu dekat.

Kendati semua sarana dan prasarana sudah dibangun, Yoory mengaku masih menunggu ketertiban dari masyarakat untuk meresmikan skybridge.

"Belum (akan peresmian). Kan kita masih ada hal yang terus menerus diperbaiki. Maksudnya gini lho, sampai betul-betul masyarakat perilakunya berubah, ya tidak ada lagi yang nyeberang di bawah," kata Yoory ketika dihubungi, Senin (4/2/2019).

Baca juga: Pejalan Kaki Dilarang Lewat di Bawah Skybridge Tanah Abang Mulai Per 7 Februari

Untuk membiasakan masyarakat menggunakan skybridge, Yoory mengatakan pihaknya bekerja sama dengan PT Kereta Commuter Indonesia dalam melakukan sosialisasi. Pihaknya juga sudah memasang pagar pembatas untuk menghalangi pejalan kaki menyeberang di Jalan Jatibaru.

"Kerja sama dengan KAI kita lakukan terus dengan pengeras suara, tambahkan spanduk, lalu yang ke bawah (Stasiun Tanah Abang) juga kita minta tapping khusus untuk yang turun ke bawah naik Jak Lingko," kata Yoory.

Yoory memastikan jika sudah tak ada lagi pejalan kaki yang menyeberang di Jalan Jatibaru, pihaknya akan menggelar peresmian.

"Begitu tertib baru kita laporkan lagi ke Pak Gubernur," kata Yoory.

Seperti diketahui, pembangunan skybridge Tanah Abang rampung dibangun 100 persen pada 30 November. Sayangnya, belum banyak pejalan kaki menggunakan skybridge.

Masih banyak warga menyeberang jalan. Pemprov DKI pun memasang pagar setinggi dua meter beberapa waktu lalu.


Penulis : Nibras Nada Nailufar
Editor : Dian Maharani