Petugas Dinsos DKI Jaga 284 Titik Rawan PMKS Selama Asian Games

Senin, 13 Agustus 2018 | 10:28 WIB

Sebanyak 425 personel  petugas pelayanan, pengawasan, dan pengendalian sosial (P3S) Dinas Sosial DKI Jakarta akan dikerahkan untuk menertibkan para penyandang masalah kesejahteraan sosial ( PMKS) di 284 titik di Jakarta selama Asian Games 2018 digellar.KOMPAS.com/DAVID OLIVER PURBA Sebanyak 425 personel petugas pelayanan, pengawasan, dan pengendalian sosial (P3S) Dinas Sosial DKI Jakarta akan dikerahkan untuk menertibkan para penyandang masalah kesejahteraan sosial ( PMKS) di 284 titik di Jakarta selama Asian Games 2018 digellar.

JAKARTA, KOMPAS.com - Sebanyak 425 personel petugas pelayanan, pengawasan, dan pengendalian sosial (P3S) Dinas Sosial DKI Jakarta akan disiagakan untuk menertibkan para penyandang masalah kesejahteraan sosial (PMKS) di 284 titik selama Asian Games 2018 digelar.

Kepala Dinas Sosial DKI Jakarta Irmansyah mengatakan, ratusan petugas itu bersiaga setiap hari untuk menjaga 284 titik rawan PMKS itu.

"(Ada) 425 personel setiap harinya di 284 titik. Satu titik disesuaikan dengan kebutuhannya , bervariasi dimana-mana. Misalnya venue yang banyak (PMKS) kami kerahkan lebih banyak setiap hari sampai 2 September," kata Irmansyah di Kantor Dinas Sosial DKI Jakarta, Jalan Gunung Sahari, Kemayoran, Senin (13/8/2018).

Baca juga: PMKS di Kolong Jembatan Pasar Rumput Dipulangkan ke Kampung Halamannya

Irmansyah mengatakan, dari 284 titik pengawasan itu antara lain di di Gelora Bung Karno, Jakarta Convention Center, JIExpo Kemayoran, Ancol, Stadion Baseball Rawamangun, Jakarta International Velodrome, Jakarta International Equestrian Park Pulo Mas, GOR POPKI Cibubur, TMII, Pondok Indah Golf, dan Stadion Pertamina Simprug. Petugas juga akan disiagakan di jalur-jalur yang dilalui para atlet dan official.

Irmansyah mengatakan, petugas P3S akan berkeliling untuk mengawasi keberadaan PMKS, khususnya di daerah pinggiran. Pihaknya akan mengerahkan petugas di daerah pinggiran karena kebanyakan PMKS saat ini beroperasi di daerah pinggiran sebelum akhirnya mendatangi pusat kota.

Tempat-tempat tersebut seperti jembatan penyeberangan (JPO), pasar tradisional, tempat pemakaman umum, mal, dan tempat-tempat ibadah.

Semua PMKS yang ditertibkan akan dibawa ke panti sosial di bawa Dinsos DKI, Di sana mereka akan diberi pembinaan.

Irmansyah meminta kepada para petugas untuk tetap melakukan penertibakan secara persuasif agar tidak menimbulkan kericuhan atau tindak kekerasan.

"Kami akan bawa ke panti sosial dulu, kami sesuaikan misalnya untuk anak-anak, balita, semua panti kami siapkan Semua panti sudah siap," ujar Irmansyah.

Asian Games akan digelar 18 Agustus ini hingga 2 September mendatang.

Baca juga: DKI Telah Siapkan Sejumlah Paket Wisata untuk Asian Games


Penulis : Kontributor Jakarta, David Oliver Purba
Editor : Egidius Patnistik