PMKS di Kolong Jembatan Pasar Rumput Dipulangkan ke Kampung Halamannya

Kamis, 8 Februari 2018 | 22:46 WIB

PMKS di Kolong Jembatan Pasar Rumput Dipulangkan ke Kampung Halamannya oleh Kecamatan Setiabudi, Jakarta Selatan, Kamis (8/2/2018).Dokumen Kecamatan Setiabudi, Jakarta Selatan PMKS di Kolong Jembatan Pasar Rumput Dipulangkan ke Kampung Halamannya oleh Kecamatan Setiabudi, Jakarta Selatan, Kamis (8/2/2018).

JAKARTA, KOMPAS.com - Pihak Kecamatan Setiabudi, Kota Administrasi Jakarta Selatan memulangkan enam orang penyandang masalah kesejahteraan sosial (PMKS) yang tinggal di kolong jembatan Pasar Rumput ke kampung halamannya, yaitu Bogor, Jawa Barat.

Camat Setiabudi Dyan Airlangga menyampaikan, enam PMKS tersebut terdiri dari empat orang dewasa, satu balita, dan satu bayi berusia kurang dari satu bulan.

"Semua PMKS tersebut tidak memiliki identitas Jakarta sehingga pihak kecamatan melalui Kasatpel Sudin Sosial menjangkau PMKS tersebut untuk dilakukan pembinaan," kata Dyan dalam keterangannya, Kamis (8/2/2018).

Baca juga : Viral #SaveBabyKhaidarAli, Ini Cerita Orangtuanya dari Bawah Jembatan Pasar Rumput

Menurut Dyan, setelah dilakukan pembinaan oleh Kasatpel Sosial Kecamatan Setiabudi, PMKS tersebut akhirnya memilih untuk pulang ke kampung halamannya yaitu Bogor, Jawa Barat.

"Kita akomodasi perjalanan mereka, mulai dari sewa bajaj ke stasiun hingga kita beri tiket kereta api tujuan Bogor," ucap Dyan.

Langkah itu dilakukan lantaran pihaknya sebagai aparatur sipil negara (ASN) Kecamatan Setiabudi tidak ingin ada siapa pun yang bertempat tinggal di tempat yang tidak laik.

Menurut dia, tinggal di kolong jembatan Sungai Ciliwung tidak manusiawi dan berbahaya.


Penulis : Iwan Supriyatna
Editor : Icha Rastika