Airin Enggan Bicarakan Suaminya yang Sempat "Hilang" dari Lapas Sukamiskin

Senin, 23 Juli 2018 | 13:05 WIB

Wali Kota Tangerang Selatan Airin Rachmi Diany usai bertemu Presiden Joko Widodo di Istana, Senin (23/7/2018).KOMPAS.com/Ihsanuddin Wali Kota Tangerang Selatan Airin Rachmi Diany usai bertemu Presiden Joko Widodo di Istana, Senin (23/7/2018).

BOGOR, KOMPAS.com - Wali Kota Tangerang Selatan Airin Rachmi Diany enggan berkomentar soal suaminya, Tubagus Chaeri Wardhana alias Wawan, yang sempat menghilang dari Lembaga Pemasyarakatan Sukamiskin, Bandung.

Airin ditanya wartawan soal suaminya yang sempat menghilang dari Lapas Sukamiskin itu usai ia bertemu Presiden Joko Widodo di Istana Bogor, Jawa Barat, Senin (23/7/2018).

Awalnya, Airin yang datang ke Istana dengan sejumlah wali kota lain mau berbicara banyak soal pertemuannya dengan Presiden Jokowi. Namun, saat wartawan bertanya mengenai Wawan, ia langsung menghindar.

"Nanti saja ya," kata Airin yang langsung berjalan cepat meninggalkan para awak media.

Baca juga: Sel Wawan dan Fuad Amin Kosong Saat OTT KPK, Ini Penjelasan Ditjen PAS

Wawan tidak ada di selnya saat Komisi Pemberantasan Korupsi melakukan operasi tangkap tangan dan penggeledahan di Lapas Sukamiskin, Bandung, Sabtu, (21/7/2018) dini hari.

Tim KPK dan sipir juga tak bisa membuka sel karena diduga kunci sel tersebut dibawa oleh Wawan. Akhirnya, KPK hanya melakukan penyegelan.

Sekretaris Direktorat Jenderal Pemasyarakatan Kemenkumham, Liberti Sitinjak mengaku, pihaknya tengah menyelidiki perihal keluarnya Wawan dari sel.

Liberti mengatakan, berdasarkan informasi hingga Sabtu pukul 16.30 WIB, Wawan sudah kembali ke Lapas Sukamiskin.

Adapun Wawan divonis 5 tahun penjara dan denda Rp 150 juta subsider 3 bulan penjara dalam kasus dugaan suap pengurusan sengketa pemilihan kepala daerah di Mahkamah Konstitusi pada 2014 lalu.

Kompas TV Napi korupsi dan kepala lapas berulah di Lapas Sukamiskin.




Penulis : Ihsanuddin
Editor : Bayu Galih