Kadis Dukcapil: Persediaan Blangko E-KTP di Jakarta Aman

Sabtu, 23 September 2017 | 13:31 WIB

Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil DKI Jakarta Edison Sianturi di Balai Kota DKI Jakarta, Jalan Medan Merdeka Selatan, Senin (3/7/2017).KOMPAS.com/NURSITA SARI Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil DKI Jakarta Edison Sianturi di Balai Kota DKI Jakarta, Jalan Medan Merdeka Selatan, Senin (3/7/2017).

JAKARTA, KOMPAS.com - Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) DKI Jakarta, Edison Sianturi mengatakan, sejauh ini tak ada masalah terkait ketersediaan blangko KTP elektronik (E-KTP) di Jakarta.

"Sejauh ini persediaan blangko E-KTP di Jakarta aman. Tidak ada kekurangan, cukuplah," ujar Edison ketika dihubungi Kompas.com, Sabtu (23/9/2017).

Edison mengatakan, meskipun tak mengalami kendala dalam hal ketersediaan belanko, saat ini penerbitan E-KTP tetap menggunakan sistem prioritas.

"Kami prioritaskan untuk yang baru saja melakukan perekaman. Kalau yang KTP hilang atau rusak ya nanti dulu, bisa lama jadinya," sebutnya.

Baca: Ini Alasan Petugas Dukcapil Sering Katakan Blangko e-KTP Habis

Ia mengatakan, untuk warga yang baru pertama kali melakukan perekaman, pembuatan E-KTP hanya membutuhkan waktu sangat singkat.

"Kalau data tidak bermasalah, bukan KTP ganda, lalu baru pertama kali melakukan perekaman maka sehari juga jadi," ucapnya.

Edison melanjutkan, jika nantinya terjadi kekurangan blangko E-KTP maka pihaknya akan meminta tambahan dari pusat.

"Dari pusat juga sudah berjanji akan mendistribusikan blangko apabila memang kurang. Kita doakan saja agar memang lancar demikian," tutupnya.


Penulis : Sherly Puspita
Editor : Ervan Hardoko