Fadli Zon Ikut "Walk Out", Setya Novanto Ambil Alih Sahkan RUU Pemilu

Jumat, 21 Juli 2017 | 00:29 WIB

Paska aksi walk out dari empat fraksi, hanya tersisa dua pimpinan DPR-RI yang memimpin sidang yaitu Setya Novanto dan Fahri Hamzah, Jakarta, Kamis (20/7/2017)KOMPAS.com/ESTU SURYOWATI Paska aksi walk out dari empat fraksi, hanya tersisa dua pimpinan DPR-RI yang memimpin sidang yaitu Setya Novanto dan Fahri Hamzah, Jakarta, Kamis (20/7/2017)

JAKARTA, KOMPAS.com - Sidang Paripurna Kamis (20/7/2017) yang mulanya dipimpin oleh Wakil Ketua DPR-RI Fadli Zon, berubah diambil alih oleh Ketua DPR-RI Setya Novanto, setelah empat fraksi menyatakan walk out dari forum.

Keempat fraksi yang menyatakan tidak ikut dalam pengambilan keputusan secara voting malam hari ini yaitu Fraksi PAN, Fraksi Gerindra, Fraksi Demokrat serta Fraksi PKS. Fadli Zon yang merupakan Wakil Ketua Umum Partai Gerindra juga ikut walk out.

(Baca: Voting Pengesahan RUU Pemilu Diwarnai Aksi "Walk Out" Empat Fraksi)

"Tanpa mengurangi rasa hormat dan apresiasi teman-teman fraksi yang memiliki pendapat berbeda, apakah RUU Pemilu dapat disetujui?" tanya Setya Novanto, disambut persetujuan Fraksi yang masih bertahan.

Pasca ditinggal fraksi-fraksi yang walk out, kursi pimpinan sidang hanya tersisa Setya Novanto dan Fahri Hamzah. Fahri mengatakan, dia tetap tinggal karena memiliki pandangan yang berbeda dari partai-partai yang walk out.

Kompas TV Sidang Paripurna DPR RI akan Putuskan RUU Pemilu




Penulis : Estu Suryowati
Editor : Sabrina Asril