Isu 'Reshuffle' Kabinet Kembali Muncul, Ini Komentar Istana

Kamis, 13 Juli 2017 | 10:01 WIB

Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo beserta istri serta dua anaknya berlibur ke Kebun Binatang Ragunan, Jakarta, Kamis (29/6/2017). Dalam liburannya ini Joko Widodo dan keluarga terlihat menyambangi Pusat Primata Schmutzer.KOMPAS.com / KRISTIANTO PURNOMO Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo beserta istri serta dua anaknya berlibur ke Kebun Binatang Ragunan, Jakarta, Kamis (29/6/2017). Dalam liburannya ini Joko Widodo dan keluarga terlihat menyambangi Pusat Primata Schmutzer.

JAKARTA, KOMPAS.com - Isu perombakan kabinet atau reshuffle kabinet kembali muncul. Namun, pihak Istana masih belum dapat memastikannya.

Staf Khusus Presiden Bidang Komunikasi Johan Budi Saptopribowo mengatakan, sejauh ini, dia belum mendapat informasi terkait wacana tersebut.

"Saya belum dapat informasi dari Presiden soal reshuffle kabinet," ujar Johan melalui pesan singkat ke Kompas.com, Kamis (13/7/2017).

 

(baca: Kata Teten, Jokowi Bicara Reshuffle Kabinet untuk Memotivasi Menteri)

Namun, bukan berarti Presiden tidak akan kembali melakukan reshuffle kabinet. Johan mengatakan, yang jelas Presiden serta Wakil Presiden Jusuf Kalla terus mengevaluasi kinerja para pembantunya.

"Berkali-kali kan beliau sampaikan bahwa evaluasi para pembantunya itu dilakukan tidak pada satu termin waktu tertentu. Terus menerus, perform atau tidak," ujar Johan.

Lantas, apakah evaluasi tersebut bakalan berujung pada pencopotan seseorang dari jabatannya sebagai menteri?

Johan menjawab, hanya Presiden dan Wakil Presiden yang mengetahuinya.

"Dari pengalaman reshuffle sebelumnya, yang tahu itu ya hanya Presiden dan Wakil Presiden apakah ada reshuffle atau tidak," ujar Johan.


Penulis : Fabian Januarius Kuwado
Editor : Sandro Gatra