Anies: Dulu Ketika Pilkada Saya Enggak Dengar Ada BKSP Jabodetabekjur

By Sherly Puspita - Senin, 8 Januari 2018 | 15:09 WIB
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan didampingi Gubernur Banten, Wahidin Halim dalam acara pelantikan Anies sebagai Ketua BKSP Jabodetabekjur, Senin (8/1/2018).
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan didampingi Gubernur Banten, Wahidin Halim dalam acara pelantikan Anies sebagai Ketua BKSP Jabodetabekjur, Senin (8/1/2018). (Kompas.com/Sherly Puspita)

JAKARTA, KOMPAS.com - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengaku baru tahu mengenai Badan Kerja Sama Pembangunan Jakarta, Bogor, Depok Tangerang, Bekasi, dan Cianjur (BKSP Jabodetabekjur).

"Saya ketika beberapa waktu yang lalu ikut rapim Pak (Gubernur Banten Wahidin Halim), dan di rapim itu dilaporkan bahwa Pak Gubernur, ini ada tambahan tugas, menjadi ketua BKSP. Saya bilang, dulu ketika Pilkada enggak dengar ada BKSP, Pak. Jadi ini bagian dari job desk-nya ini," kata Anies di gedung Balai Agung Pusat Pemerintahan Provinsi Banten, Senin (8/1/2018).

Meski demikian, Anies mengakui pentingnya BKSP untuk menjalin hubungan yang baik Jakarta dengan wilayah-wilayah penyangga di sekitarnya.

"Dari awal kami merasakan bahwa tidak bisa wilayah-wilayah yang berdekatan ini dan memiliki saling ketergantungan, saling support pekerja sendiri-sendiri. Harus dari awal memang perlu bekerja bersama," ujarnya.

Baca juga : Gubernur Banten Sebut Kerja BKSP Jabodetabekjur Kendur karena Pernyataan Ahok

Anies berharap terjalin hubungan yang baik untuk mendukung program-program pengembangan di bidang kesehatan, pendidikan, kebersihan, sinkronisasi tata ruang kawasan Jabodetabekjur, pengendalian banjir, dan pengelolaan sampah.

"Saya setuju dengan kata-kata Pak Gubernur tadi, kita harus melihat ini bukan dalam konteks daerahnya masing-masing. Kita seragamnya sama, kementerian pembinanya sama, negaranya sama, undang-undangnya sama dan karena itu kita wajib bekerjasama dengan baik," ucapnya.

Baca juga : BKSP Jabodetabekjur Ajukan Bantuan Rp 4,8 Triliun kepada Pemprov DKI untuk Daerah Mitra

Anies didaulat menjadi ketua Badan Kerja Sama Pembangunan Jakarta, Bogor, Depok Tangerang, Bekasi, dan Cianjur (BKSP Jabodetabekjur) menggantikan Ketua BKSP yang semula dijabat Gubernur Banten Wahidin Halim.

Acara serah terima jabatan tersebut digelar di kawasan Pusat Pemerintahan Provinsi Banten (KP3B), Jalan Syekh Nawawi Al-Bantani, Serang, Banten.

Baca juga : Ahok: BKSP Enggak Usah Banyak Omong, Enggak Usah Banyak Rapat

Editor : Ana Shofiana Syatiri
Artikel Terkait


Close Ads X