Ini Senjata Ford Everest untuk Libas Kompetitor

Rabu, 25 Maret 2015 | 15:10 WIB
KompasOtomotif-Donny Apriliananda Ford Everest terbaru melakukan debut di ASEAN dalam Bangkok International Motor Show 2015.

Bangkok, KompasOtomotif – Ford tahu betul, untuk melawan pemain-pemain besar, modal dasarnya adalah kesiapan. Seperti yang dilakukan pada deretan mobil terbaru, semua dibekali dengan fitur canggih yang rata-rata tak dipunyai kompetitor. Sama halnya dengan Everest yang semakin siap bertarung di segmen SUV atas.

Di Indonesia, Everest terbaru yang sudah melakukan debut ASEAN di Bangkok International Motor Show (BIMS), Thailand, (24/3/2015), akan menantang para ”pemain senior” seperti Toyota Fortuner dan Mitsubishi Pajero Sport. Keduanya seolah asyik saling mengejar tanpa perlawanan dari merek lain.

”Dengan Ford Everest, kami telah menaikkan standar di segmennya dalam hal desain dan kemampuan. Dalam hal ini kami memberikan sejumlah teknologi canggih untuk kendaraan yang lebih pintar, aman, dan punya kemampuan,” kata Richar Tilley, Vehicle Line Director Ford Asia Pasific, di Bangkok.

Berikut teknologi ”pertama di kelasnya” untuk model Everest menantang segmen high SUV:

1. Terrain Management System. Memberikan pengemudi empat pengaturan, normal, rumput-salju-kerikil, pasir, dan bebatuan. Respons throttle, transmisi, sistem 4WD, dan kontrol traksi akan menyesuaikan dengan pintar sesuai permintaan.

2. Curve Control. Membantu pengemudi mempertahankan kontrol ketika mendekati tikungan dengan kecepatan tinggi meluai pengurangan torsi mesin dan pengaplikasian sistem 4WD.

3. Blind Spot Information System dengan Cross Traffic Alert, menginformasikan pengemudi saat ada mobil di area blind spot, atau ketika bersiap maju-mundur sebelum parkir.

4. Roll Stability Control,  bekerja bareng ESP, kontrol traksi, dan sensor giroskop agar mobil tetap terkontrol saat belok dengan kecepatan tinggi.

5. Dual panel moon-roof, membuat kabin terasa mewah dan luas.

6. Active Noise Cancellation, membendung kabin dari gangguan suara dari luar, memungkinkan pengemudi berbicara dengan penumpang baris ketiga tanpa berteriak.

7. Pengaturan dan pelipatan kursi belakang secara elektrik, memudahkan pengguna untuk mengatur konfigurasi tempat duduk.

Everest terbaru dipastikan muncul di pameran otomotif internasional di Indonesia, dalam beberapa bulan ke depan. PT Ford Motor Indonesia belum meginformasikan, tipe apa dan fitur-fitur apa saja yang akan dibawa untuk bersaing secara harga.

Penulis : Donny Apriliananda
Editor : Azwar Ferdian