Beli Ford Ranger Langsung Dapat "Asisten Pribadi"

Senin, 23 Maret 2015 | 15:03 WIB
Donny Apriliananda/KompasOtomotif Ford Ranger dengan sederet fitur canggih

Bangkok, KompasOtomotif - Tak hanya punya kemampuan menjelajah medan berat, Ford Ranger menjelma menjadi pikap yang penuh dengan kenyamanan. Para insinyur Ford membekalinya dengan fitur pembantu yang dinamai Driver Assist, siap menjadi "asisten pribadi" pengemudi saat dibutuhkan.

Ian Foston, Ford Everest and Ranger Global Chief Program Engineer, saat sesi tanya jawab usai pengenalan perdana New Ranger di Bangkok Motor Show, (23/3/2015), mengatakan bahwa semua teknologi canggih pada New Ranger menaikkan kelasnya sebagai pikap yang pintar.

"Secara teknologi mengikuti filosofi perubahan yang diusung Ranger terbaru. Pikap ini akan dengan pintar memberikan kemudahan untuk pengemudi di segala aspek jika dibutuhkan," tegas Foston.

Apa saja asisten pribadi yang siap melayani itu? Berikut daftarnya:

1. Lane Keeping Alert dan Lane Keeping Aid. Bekerjasama mencegah pengemudi keluar dari jalur secara tak disengaja saat berkendara pada kecepatan tinggi. Getaran pada setir akan diberikan jika keluar jalur. Jika tidak ada tindakan, mobil akan menerapkan torsi kemudi untuk memandu kembali.

2. Adaptive Cruise Control. Memanfaatkan radar sensor untuk menjaga kecepatan dan jarak. Saat disetel dengan kecepatan tertentu, mobil akan mengerem sendiri saat sudah dekat dengan mobil lain.

3. Forward Alert. Bekerja dengan adaptive cruise control untuk memberikan peringatan visual dan audio ketika celah dengan kendaraan depan berkurang di bawah jarak aman.

4. Front and Rear Park Assist. Mendeteksi rintangan ketika akan parkir atau menarik trailer.

5. Tire Pressure Monitoring. Mengingatkan saat tekanan ban mulai rendah.

6. Electronic Stability Program. Rollover migration dan trailer sway control menjaga kendaraan tetap terkendali meski kondisi buruk.

7. Driver Impairment Monitor. Menggunakan kamera dan sensor untuk mendeteksi pengemudi mengantuk. Caranya, mendeteksi input koreksi setir tiba-tiba.

8. Emergency Assistant. Koneksi Bluetooth dan menghubungkan telepon untuk memanggil layanan darurat lokal pada saat tejadi tabrakan serius.

9. Hill Launch Assist, Hill Descent Control, dan Emergency Brake Assitance. Membantu menaklukkan medan berat (jalan miring, menanjak, dan sebagainya).

Penulis : Donny Apriliananda
Editor : Azwar Ferdian