Ini yang Bikin Ford Ranger Dilirik Pria Mapan

Selasa, 24 Maret 2015 | 09:00 WIB
Donny Apriliananda/KompasOtomotif Generasi terbaru Ford Ranger meluncur di Bangkok, Thailand

Bangkok, KompasOtomotif – Pikap modern semakin meninggalkan desain kuno yang hanya terkesan kuat. Beberapa elemen lain mulai diberikan para desainer mobil dunia, tak terkecuali memberi ”bumbu” parlente, pintar, dan modern, sehingga membuatnya tampak luwes tanpa kehilangan unsur gagah.

Ini pula yang dilakukan desainer Ford untuk melahirkan New Ranger, pikap kabin ganda yang kini tampil semakin elegan. Kendati demikian, karakter gagah dan kuat dari generasi pertama Ranger tetap dibawa sehingga kesan ”punya kapabilitas” bertambah besar.

”Sangat penting Ranger terlihat punya kemampuan dan bisa diandalkan. Namun ada kesan pintar dan modern dari bagian depan yang tercipta dari desain gril, bemper, dan kap mesin. Kami berusaha membuat mobil ini menarik untuk siapa pun,” tegas Dave Dewitt, Exterior Design Manager Ford Asia Pacific usai membuka selubung New Ford Ranger di Bangkok International Motor Show, (23/3/2015).

Gril trapezoidal dipadu lampu proyektor yang tajam benar-benar berkesan gagah. Sentuhan krom dan bemper yang dinamis membuat kesan mewah dan elegan menyeimbangkan unsur gagah. Kap lebih kekar dengan garis yang mengalir ke gril.

Dewitt menekankan bahwa desain yang baik adalah memberikan kesan yang mendalam sehingga mobil semakin mudah dikenali. Lebih jauh, keberhasilan desain sebuah kendaraan salah satunya diindikasikan dari semakin mudahnya meraih ekspektasi konsumen.

Tren

Desain pikap yang semakin luwes ini ternyata sudah mewabah. Berbagai merek juga berlomba menghadirkan desain yang tak lagi cuma kuat, tetapi juga pintar dan ganteng. Dewitt pun setuju, bahwa tren mengarah ke sana. ”Tidak cuma model pikap, namun semua jenis mobil secara global sudah membawa unsur lain termasuk kesan pintar dan modern,” urai Dewitt.

Penulis : Donny Apriliananda
Editor : Azwar Ferdian