Trump Mulai Memilih Calon Menteri Keuangan AS Baru, Siapa Saja? - Kompas.com
Minggu, 5 Mei 2024

Kaleidoskop 2016

Kaleidoskop 2016

Simak rangkuman peristiwa, informasi, dan ulasan topik hangat yang terjadi selama tahun 2016..

Trump Mulai Memilih Calon Menteri Keuangan AS Baru, Siapa Saja?

Senin, 21 November 2016 | 11:33 WIB
Via Twitter ?@RiggsReport Donald Trump mendapat sambutan meriah dan tepuk tangan saat memasuki sebuah restoran di New York, untuk makan malam bersama keluarga dan tim transisinya. Foto ini diambil oleh wartawati Bloomberg Taylor Riggs yang kemudian mengunggahnya ke Twitter.

WASHINGTON DC, KOMPAS.com – Presiden terpilih AS Donald Trump kabarnya sudah mulai menyeleksi beberapa kandidat untuk mengisi posisi-posisi menteri kuncinya. Pertemuan tersebut dilakukan di Trump National Golf Club di Bedminster, New Jersey, Minggu (20/11/2016) waktu setempat.

Mengutip Bloomberg, Senin (21/11/2016), pertemuan itu digelar oleh Trump dan wakil presiden terpilih Mike Pence.

Dalam kesempatan tersebut akan disaring setidaknya tiga orang kandidat potensial, di mana salah satunya memiliki pengalaman panjang di Wall Street, investor miliarder Wilbur Ross dan Jonathan Gray, pimpinan global real estate Blackstone Group.

Tidak hanya mereka, presiden hedge fund Bridgewater Associates David McCormick juga bertemu dengan Trump. McCormick adalah lulusan akademi militer West Point yang bertugas pada Perang Teluk pertama, kemudian bekerja di Departemen Keuangan AS dan di Gedung Putih pada pemerintahan presiden George W Bush.

Ketiga orang tersebut merupakan kandidat Menteri Keuangan, menurut keterangan sumber terdekat. Setelah pertemuan dengan beberapa kandidat, Trump memutuskan pulang ke Manhattan pada Minggu malam dan dijadwalkan akan kembali menggelar pertemuan di hari berikutnya.

“Ketika presiden terpilih siap mengumumkan orang-orang (yang akan menjabat menteri), ia akan melakukannya. Ia ingin memastikan ia melakukannya dengan benar,” ujar juru bicara Jason Miller.

Pada akhir pekan lalu, Trump mengumumkan tiga anggota tim keamanan nasionalnya, namun belum menunjuk siapa yang akan menjabat Menteri Pertahanan dan Menteri Luar Negeri.

Salah satu kandidat kuat Menteri Pertahanan adalah purnawirawan Jenderal Korps Marinir AS James Mattis. Jenderal James ‘Mad Dog’ Mattis begitu mengesankan Trump, hingga pengusaha itu berkicau di aku Twitter pibadinya mengenai Mattis.

Menurut Trump, Mattis adalah Jenderal bagi Jenderal yang sesungguhnya. Mattis merupakan perwira karier yang memulai posisinya dari seorang penembak di Korps Marinir hingga menjadi pimpinan Komando Pusat AS.

Ia menghabiskan dua jam dengan Trump dan Trump memandang Mattis sebagai pria yang hebat.

“Presiden dan Wakil Presiden terpilih sangat terkesan pada pertemuan mereka dengan pria hebat dan pahlawan Amerika Jenderal James Mattis. Mereka melakukan pembicaraan mendalam terkait rencana keamanan nasional,” tulis pernyataan yang dirilis tim transisi presidensial.

Kandidat Menteri Pertahanan lainnya adalah Senator Tom Cotton dari negara bagian Arkansas. Selain itu, ada pula Jenderal Korps Marinir AS John F Kelly, mantan komandan Komando Selatan AS.

Adapun kandidat yang disebut bakal mengisi posisi Menteri Luar Negeri adalah Gubernur negara bagian Texas Rick Perry. Ia dijadwalkan melakukan pertemuan dengan Trump pada Senin waktu setempat.

Kandidat lain yang diisukan bakal mengisi jabatan Menteri Luar Negeri adalah mantan kandidat presiden AS dari Partai Republik tahun 2012, Mitt Romney. Mantan gubernur Massachusetts dan eksekutif ekuitas tersebut dikabarkan amat dipertimbangkan oleh Trump.

Selain Perry dan Romney, beberapa kandidat lain yang diisukan menjadi kandidat Menteri Luar Negeri antara lain mantan walikota New York Rudy Giuliani, Senator Bob Corker dari Tennessee, mantan Duta Besar AS untuk PBB John Bolton, dan gubernur negara bagian South Carolina Nikki Haley.

Penulis: Sakina Rakhma Diah Setiawan
Editor : Aprillia Ika
Sumber: Bloomberg