Pemprov DKI Tempat 4 Mesin Pompa untuk Atasi Genangan di Jalan S Parman - Kompas.com
Sabtu, 27 April 2024

Kaleidoskop 2016

Kaleidoskop 2016

Simak rangkuman peristiwa, informasi, dan ulasan topik hangat yang terjadi selama tahun 2016..

Pemprov DKI Tempat 4 Mesin Pompa untuk Atasi Genangan di Jalan S Parman

Kamis, 22 September 2016 | 21:59 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Untuk mengatasi genangan di sekitar Jalan S Parman di Jakarta Barat yang terletak di depan Universitas Tarumanegara, Kepala Dinas Tata Air DKI Jakarta, Teguh Hendrawan mengatakan pihaknya akan menempatkan pompa air sebagai jalur pembuangan air di daerah tersebut.

Teguh menjelaskan, rencannya ada empat mesin pompa yang akan ditempatkan di sana. Mesin pompa tersebut terletak di depan Universitas Tarumanegara.

Penyelesaian penempatan mesin itu ditargetkan pada akhir tahun 2016.

"Pompa yang ada sekarang masih belum efektif. Sekarang lagi dikerjakan,  penganggarannya tahun ini," kata Teguh, Kamis (22/9/2016).

Keempat mesin tersebut memiliki kapasitas 250 liter air per detik.

Teguh menyampaikan, pihaknya juga sedang melakukan normalisasi sejumlah kali yang ada di Jakarta Barat. Salah satu kali yang sedang dikerjakan yaitu kali di sepanjang daerah Grogol.

"Kami belum bisa maksimalkan pengerukannya karena masih pakai batu kali. Nah, sekarang kami sedang bikin sheet pile, mudah-mudahan selesai tahun ini, lalu kami akan langsung keruk," kata Teguh.

Ruas Jalan S Parman yang berada di depan Universitas Trisaksti dan Universitas Tarumanegara kini mulai tergenang air ketika hujan turun cukup lama. Sejumlah warga yang beraktivitas di daerah itu mengatakan, ketinggian genangan air bisa mencapai 10-15 sentimeter.

Penulis: David Oliver Purba
Editor : Egidius Patnistik