Arus di Ruas Tol Dalam Kota Arah Semanggi Padat, Jalan S Parman Lengang - Kompas.com
Kamis, 9 Mei 2024

Kaleidoskop 2016

Kaleidoskop 2016

Simak rangkuman peristiwa, informasi, dan ulasan topik hangat yang terjadi selama tahun 2016..

Arus di Ruas Tol Dalam Kota Arah Semanggi Padat, Jalan S Parman Lengang

Kamis, 23 April 2015 | 09:03 WIB
KOMPAS.COM/ANDRI DONNAL PUTERA Kondisi ruas jalan tol dalam kota dekat gerbang tol Tanjung Duren (kanan), Jakarta Barat, Kamis (23/4/2015). Jalan tol ke arah Semanggi itu dipadati oleh kendaraan hingga sempat tersendat, berbeda dengan Jalan S Parman di kirinya yang lengang.
JAKARTA, KOMPAS.com — Arus kendaraan yang cukup padat terlihat di ruas jalan tol dalam kota arah ke Semanggi, tepatnya di dekat Pintu Tol Tanjung Duren, Jakarta Barat, Kamis (23/4/2015). Mobil di dalam jalan tol hanya bisa bergerak 5-10 km per jam.

Menurut pantauan Kompas.com, pukul 08.40 WIB, kondisi di dalam tol berbeda dengan ruas jalan di Jalan S Parman yang juga mengarah ke Semanggi. Jalan tersebut masih lengang untuk kendaraan dari kawasan Grogol, sedangkan antrean mobil di dalam jalan tol sudah cukup padat hingga memanjang ke arah Pluit.

Semanggi sendiri merupakan salah satu kawasan yang ditutup dalam rangka pelaksanaan acara puncak Konferensi Asia Afrika (KAA) yang digelar di Jakarta Convention Center (JCC), Senayan. Delegasi tamu peserta KAA harus tiba di JCC pada pukul 08.45 WIB. Sementara itu, beberapa ruas jalan protokol sudah ditutup sebelumnya dari pukul 06.30 WIB.

Pertama, kluster 3, terdiri dari kepala negara yang diinapkan paling dekat dengan JCC, antara lain di Hotel Dharmawangsa, Hotel Mulia, dan Hotel Vermont. Jalan yang akan ditutup di sekitar kawasan Senayan.

Kedua, pemberangkatan klaster 2 dari hotel-hotel di sekitar Kuningan, antara lain Hotel JW Marriott dan Hotel Ritz-Carlton. Jalan yang akan ditutup di kawasan sekitar Kuningan dan Sudirman.

Selanjutnya, pemberangkatan klaster 1 dari hotel di sekitar Jalan Sudirman-Thamrin, yakni Hotel Sari PAN Pacific, Hotel Grand Hyatt, Hotel Kempinski, dan Hotel Mandarin. Penutupan jalan akan dilakukan untuk Jalan MH Thamrin dan Jalan Jenderal Sudirman.

Sementara itu, untuk sore, kepala negara akan kembali ke hotel secara tidak serentak. Dengan demikian, penutupan jalan dimulai secara situasional dengan melihat kondisi di lapangan.

Selain bagi pengguna jalan arteri, pengguna jalan tol juga terkena dampak penutupan jalan. Sejumlah pintu tol tidak bisa digunakan sebagai jalan keluar kendaraan selama penutupan, yakni Pintu Tol Slipi, Senayan, dan Pintu Tol Semanggi.

Ikuti perkembangan berita ini dalam topik:

Penulis: Andri Donnal Putera
Editor : Kistyarini