Datsun Go Tampil Mengejutkan di Afsel

Jumat, 3 Juli 2015 | 08:33 WIB
stanly Datsun Go Panca

Johannesburg, KompasOtomotif - Baru dipasarkan sejak Oktober 2015, ternyata kinerja penjualan Datsun Go cukup mengejutkan di Afrika Selatan. Sebagai model baru, Datsun mampu mengalahkan beberapa model di segmen sama, seperti Honda Brio, Kia Picanto, dan Toyota Etios.

Jangan bingung dulu, di Afrika Selatan, Datsun Go berbagi segmen dengan berbagai jenis kendaraan kompak segmen A, antara lain Fiat 500, Peugeut 106, Daihatsu Sirion, dan Suzuki Splash . Pengelompokan segmen ini ditentukan dari dimensi masing-masing kendaraan, tanpa melihat segmen konsumen, apalagi banderol.

Afsel menjadi negara terakhir yang memasarkan produk global, Datsun Go. "Penjualan kami cukup signifikan sejak Oktober, sampai menguasai pangsa pasar 27 persen di segmen A," ujar Sonke Dandala, Manajer Pemasaran Datsun Afsel di Soweto, Kamis (2/7/2015).

Mengacu dari data penjualan Datsun Afsel, sejak Oktober 2014 sampai Mei 2015, total penjualan Go sudah mencapai 4.003 unit. Dalam periode yang sama, merek turunan Nissan Motor ini menyodok ke peringkat kedua sebagai model terlaris di segmen A.

Agung Kurniawan/Kompas.com Data penjualan mobil segmen A di Afsel.
Sonke mengatakan, kompetitor kami sebenarnya di segmen A itu, adalah Chevrolet Spark, Suzuki Celerio, dan Kia Picanto. Kekalahan Go, klaim Sonke, terjadi karena Spark (pimpinan penjualan) sudah banyak dbeli konsumen fleet, terutama perusahaan penyewaan mobil.

"Total penjualan di segmen A ini paling hanya 85 persen dibeli konsumen, sisanya perusahaan instansi pemerintah, dan lain sebagainya," ucap Sonke melanjutkan. Meski baru mengandalkan satu model, Datsun cukup banyak memberikan kejutan di pasar, karena sempat dianggap remeh kompetitor.

Penulis : Agung Kurniawan
Editor : Azwar Ferdian