Tempat Pembuangan Sampah Muara Baru Akan Dipindah

Selasa, 23 Oktober 2018 | 13:52 WIB

Sampah memenuhi Tempat Pembuangan Sampah Muara Baru di Jalan Muara Baru, Penjaringan, Selasa (23/10/2018).KOMPAS.com/Ardito Ramadhan D Sampah memenuhi Tempat Pembuangan Sampah Muara Baru di Jalan Muara Baru, Penjaringan, Selasa (23/10/2018).

JAKARTA, KOMPAS.com - Tempat pembuangan sampah (TPS) di Jalan Muara Baru, Penjaringan, akan dipindah karena dikeluhkan warga sekitar.

Kepala Satuan Pelaksana Lingkungan Hidup Kecamatan Penjaringan Matsani mengatakan, pihaknya akan membuat TPS baru di seberang Kantor Kelurahan Penjaringan, sekira 600 meter dari TPS Muara Baru.

"Atas pengaduan masyarakat yang merasa keberatan akan adanya TPS di lokasi RW 17 Kelurahan Penjaringan, nanti dipindahkan ke depan Kantor Kelurahan Penjaringan," kata Matsani di TPS Muara Baru, Selasa (23/10/2018).

Baca juga: Sampah di TPS Muara Baru Diangkut Setelah Sempat Menggunung 3 Hari

Matsani menyampaikan, lahan seberang Kantor Kelurahan Penjaringan itu selama ini sudah dimanfaatkan untuk penampungan sampah UPK Badan Air.

Ia menargetkan, TPS baru di lahan itu berfungsi tahun depan. TPS itu, kata Matsani, dua kali lebih luas dari TPS di Muara Baru.

"Dan posisinya kebetulan agak ke dalam. Kalau di sini kan di pinggir jalan, mengganggu lalu lintas ketika kita ada kegiatan pengangkutan di depo," ujar Matsani.

Baca juga: DKI Akan Bangun Pengolahan Sampah Mandiri, Bagaimana Nasib Bantargebang?

Berdasarkan pantauan Kompas.com, gerobak dan truk sampah yang beroperasi di sekitar TPS Muara Baru tampak memakan badan jalan dan menyebabkan arus lalu lintas tersendat.

TPS Muara Baru menjadi perbincangan akhir-akhir ini karena sampah di sana sempat menggunung hingga 5 meter pada akhir pekan kemarin akibat tidak beroperasinya sejumlah truk pengangkut sampah yang sedang diservis.


Penulis : Ardito Ramadhan
Editor : Icha Rastika