Tak Ikut Upacara HUT ke-490 DKI, Beberapa PNS DKI cuma Titip Absen

Kamis, 22 Juni 2017 | 10:19 WIB

KOMPAS.com/JESSI CARINA PNS DKI meninggalkan area Monas dan tidak mengikuti Upacara HUT ke-490 DKI Jakarta, Kamis (22/6/2017).

JAKARTA, KOMPAS.com - Pegawai negeri sipil (PNS) DKI Jakarta berpakaian rapi dengan kemeja dan kebaya khas Betawi dan datang ke Lapangan Silang Monas Selatan, Jakarta Pusat, Kamis (22/6/2017). Sedianya, mereka akan mengikuti Upacara Peringatan HUT ke-490 DKI Jakarta.

Namun, hujan membuat mereka mengurungkan niat untuk bergabung ke dalam barisan. Mereka yang ketika itu masih berada di sekitar Lenggang Jakarta akhirnya memilih untuk hanya mengisi daftar presensi.

"Aku isi absen saja deh, di mana ya. Hujan begini sih," ujar seorang PNS DKI sambil mencari lokasi presensi.

Sementara mereka yang sudah berada dalam barisan upacara beberapa langsung membuka payung mereka saat hujan turun. Dengan berpakaian Betawi, mereka mengikuti upacara sambil memegang payung.

Baca juga: PNS DKI Berpakaian Betawi, Ikut Upacara HUT Jakarta sambil Payungan

Meski demikian, ada juga PNS DKI yang tetap berdiri tegak di bawah guyuran hujan.

Tema HUT ke-490 DKI Jakarta pada tahun ini adalah "Beragam, Bersatu, dan Melayani".

Dalam sambutan, Gubernur DKI Jakarta Djarot Saiful Hidayat sempat menegur PNS DKI yang duduk-duduk di belakang barisan dan mengenakan payung.

"Saya minta yang duduk-duduk di belakang itu suruh ke depan saja. Suruh ke depan yang pakai payung itu, suruh ke sini biar duduk di tempat undangan," ujar Djarot.

Suasana yang tadinya hening menjadi riuh. PNS DKI yang sejak awal upacara terus berdiri langsung bertepuk tangan. Djarot menyuruh PNS yang duduk-duduk itu untuk ke tempat para undangan di bawah tenda yang dilengkapi kursi.

Meski demikian, tidak ada PNS DKI yang berani maju. Setelah itu, tidak terlihat lagi PNS yang memegangi payung saat upacara.


Penulis : Jessi Carina
Editor : Egidius Patnistik