Kepada GNPF-MUI dan FPI, Wiranto Jamin Penegakan Hukum Tanpa Rekayasa

Kamis, 9 Februari 2017 | 19:06 WIB

Fabian Januarius Kuwado Menkopolhukam Wiranto saat menerima tamu dari FPI dan GNPF-MUI di kediaman dinasnya, Jalan denpasar, Kuningan, Jakarta Selatan, Kamis (9/2/2017).

JAKARTA, KOMPAS.com - Selain tentang aksi 11 Februari 2017 mendatang, pertemuan Menteri Koordinator Politik, Hukum, dan Keamanan Wiranto dengan tokoh Front Pembela Islam (FPI) dan Gerakan Nasional Pengawal Fatwa Majelis Ulama Indonesia (GNPF-MUI) juga membahas penegakan hukum di Indonesia.

Kepada para tokoh ormas Islam itu, Wiranto mengatakan bahwa pemerintah saat ini sedang mewujudkan penegakan hukum yang seadil-adilnya.

"Pemerintah sekarang ini sedang membangun kebaikan bagi masyarakat dalam hal ketertiban dan keamanan yang merupakan tugas saya. Kami akan tetap menegakan hukum secara bermartabat," ujar Wiranto usai pertemuan yang digelar di rumah dinasnya, kawasan Kuningan, Jakarta Selatan, Kamis (9/2/2017).

Wiranto menegaskan kembali soal komitmen pemerintah untuk mewujudkan penegakan hukum yang bersifat tidak tebang pilih, proporsional, dan antirekayasa.

(Baca: Bahas Aksi 11 Februari, Tim Advokasi GNPF MUI Temui Wiranto)

Menurut Wiranto, masyarakat sudah banyak merugi akibat penegakan hukum yang tebang pilih. Ketua GNPF-MUI Bachtiar Nasir mendukung langkah pemerintah tersebut.

"Penegakan hukum yang berkeadilan pun sudah kami sepakati. Hukum itu harus kita tegakkan secara bermartabat, tanpa rekayasa, tanpa menimbulkan keresahan dan gejolak di masyarakat yang belakangan ini mengalami pasang surut," ujar dia.

Sementara, pimpinan FPI Rizieq Shihab mengapresiasi kepemimpinan Wiranto yang disebutnya memiliki komitmen tinggi terhadap penegakkan hukum yang seadil-adilnya di Indonesia.

"Beliau punya komitmen luar biasa untuk hukum tanpa direkayasa, tapi yang berkeadilan. Ini suatu hal yang luar biasa dan kami sambut. Semoga penegakkan hukum ke depannya lebih profesional," ujar Rizieq.

Pertemuan Wiranto dengan Rizieq dan tokoh ormas Islam lainnya itu berlangsung sekitar satu jam.

(Baca: Wiranto Kedatangan Kawan Lama, Rizieq Shihab...)

Meski pertemuan itu disebut hangat karena Wiranto dan Rizieq sudah berkawan sejak sebelum reformasi, tapi wartawan tidak diperkenankan untuk merekamnya.

Usai pertemuan, Wiranto dan tokoh ormas Islam itu menggelar konferensi pers dan ditutup dengan berjabat tangan sembari cium pipi kiri dan kanan.


Penulis : Fabian Januarius Kuwado
Editor : Sabrina Asril