Pameran Otomotif IIMS Terus Belajar dari Bangkok

Sabtu, 22 Agustus 2015 | 19:44 WIB
KompasOtomotif-Donny Apriliananda Dr Prachin Eamlumnow, Chairman GPI, penyelenggara Bangkok International Motor Show, mengunjungi IIMS 2015.

Jakarta, KompasOtomotif – Pameran otomotif nasional bertajuk Indonesia International Motor Show (IIMS) yang sudah diselenggarakan Dyandra Promosindo lebihd ari 20 tahun terus berbenah mengikuti tren dan semangat untuk memajukan industri otomotif di Indonesia.

Tahun ini, IIMS berkolaborasi dengan Grand Prix International (GPI) selaku penyelenggara Bangkok International Motor Show (BIMS) yang sudah masuk klasifikasi 10 besar dunia dalam kategori pameran otomotif. Begitu dahsyatnya BIMS sampai penyelenggara Tokyo Motor Show pun kabarnya ingin belajar dari GPI yang tahun ini mampu menyedot 1,4 juta pengunjung.

”Itulah yang mengusik saya. Dari sudut bisnis dan ekspor otomotif, Thailand memang lebih bagus dari Indonesia. Tapi, dari segi populasi kendaraan, Indonesia jauh lebih banyak dari kami. Tapi, mengapa IIMS tahun lalu hanya mendatangkan 380.000 pengunjung?” tanya DR. Prachin Eamlumnow, Chairman GPI, (21/8/2015).

Didampingi tiga Miss Bangkok Motor Show dan jajaran direksi Dyandra Promosindo, Prachin panjang lebar memaparkan tren otomotif di Asia maupun dunia, berikut potensi masa depannya, terutama di kawasan ASEAN.

”Buat kami Indonesia bukanlah kompetitor, tapi saudara. Mari bergandengan dan maju bersama. Kami sudah lakukan brainstorming dengan IIMS dan saya sangat yakin IIMS di masa depan akan punya posisi kuat di kawasan ini dan lebih banyak mendatangkan pengunjung internasional,” kata Prachin.

Terhitung sejak tahun ini, IIMS dan BIMS sudah mengikat kerjasama untuk penyelenggaraan. April 2015 lalu, misalnya, tim inti Dyandra hadir di BIMS 2015 untuk mengidentifikasi kelebihan-kelebihan BIMS yang bisa diadopsi oleh IIMS.

”Kami banyak belajar dari mereka. Kita sudah berdiskusi mendalam membahas semua potensi ke depan. Intinya, Mr. Prachin dan kami optimistis IIMS akan membesar, tentu semua langkah selanjutnya ditentukan setelah evaluasi IIMS 2015,” ucap Direktur Dyandra Hendra Noor Saleh.

Penulis : Donny Apriliananda
Editor : Agung Kurniawan