Kia Sorento 2016 Raih Status Teraman

Sabtu, 21 Februari 2015 | 08:55 WIB
Leftlanenews Uji tabrak Kia Sorento oleh IIHS

Los Angeles, KompasOtomotif - Kia Sorento 2016 meraih rating keamanan tertinggi atau Top Safety Pick dari Insurance Institute for Highway Safety (IIHS), Amerika Serikat. Sorento meraih poin tinggi usah menjalani tes tabrak pada kecepatan 64 kpj.

Rating maksimal yang diraih Sorento ini adalah jawaban dari model sebelumnya, yang dianggap gagal melindungi pengemudi dan penumpang saat terjadi kecelakaan. Kabin depan Sorento lansiran 2014 tidak bisa memberikan perlindungan maksimal.

"Airbag samping tidak terbuka dan kepala dummy (boneka yang objek tes) nyaris terkena bagian depan sebelum airbag mengembang. Selain itu ada kemungkinan cedera pada kaki bagian bawah dan lutut," jelas IIHS dalam laporannya mengenai Sorento 2014, seperti dilansir Leftlanenews, Sabtu (21/2/2015).

Sementara tes dari model 2016 mendapat hasil yang berbeda. Gerakan dummy dikontrol dengan baik dan airbag keluar tepat untuk memberikan perlindungan. Hasilnya, risiko cedera yang bisa dialami tidak terlalu tinggi bila terjadi dalam skenario kecelakaan nyata.

Selain Sorento, beberapa model dari merek lain juga mendapat rating tertinggi, yakni Toyota Highlander, Chevrolet Equinox, GMC Terrain dan Nissan Pathfinder. Jeep Grand Cherokee 2015, Ford Explorer dan Toyota 4Runner.

Penulis :
Editor : Azwar Ferdian