New Picanto untuk Indonesia Tanpa Mesin Turbo

Jumat, 20 Februari 2015 | 09:22 WIB
thekoreancarblog.com Foto tampang terbaru Kia New Picanto.

Jakarta, KompasOtomotif – New Picanto memang belum meluncur di pasar global, namun berbagai media asal Korea Selatan sudah menyebut model terkecil Kia ini bakal punya pilihan mesin baru yaitu 3-silinder 1.0L dengan turbo. Kia Mobil Indonesia (KMI) mengonfirmasi hal ini, namun dikatakan pilihan mesin turbo itu belum untuk Indonesia.

Di Tanah Air, KMI menawarkan dua versi mesin Picanto, 4-silinder 1.2L MPI bertenaga 85 tk serta torsi 120 Nm untuk kelas mobil kota dan Dual CVVT 3-silinder 1.0L DOHC, 68 tk berikut torsi 94 Nm milik Picanto Morning buat melipir ke segmen LCGC.

Kemungkinan besar mesin baru 1.0L turbo tidak untuk Indonesia, sebab Direktur Pemasaran KMI Hartanto Sukmono menjelaskan, mesin itu hanya untuk pemasaran Kia global di Eropa.

“Sebetulnya mesin 1.0L turbo bukan baru, kita sudah tahu dari satu sampai dua tahun lalu. Masing-masing pasar belum tentu bisa mendapatkan mesin yang sama, misalnya 1.0L itu pada saat sekarang ini karena kebatasan. Sekarang ini masih untuk Eropa, untuk Indonesia kita bisa bilang belum tahu,” ucap Hartanto saat acara gathering KMI bersama media, Rabu (18/2/2015).

Di Eropa mesin turbo lebih membantu karena kebutuhan konsumen yang ingin punya mobil kecil namun tetap bertenaga. Mesin baru 1.0L turbo buat Picanto pernah diulas sanggup menyemburkan 106 tk, naik 37 tk dari kemampuan mesin 1.0L tanpa turbo.

Meski tanpa pilihan mesin baru, New Picanto sudah dipastikan meluncur di Indonesia menyusul peluncuran global. Hartanto mengungkap New Picanto dan New Rio bakal datang sebelum pertengahan tahun.

Penulis : Febri Ardani Saragih
Editor : Azwar Ferdian