MINI Kembali Bidik Takhta Reli Dakar

Kamis, 11 Desember 2014 | 17:00 WIB
Carscoops Mini ALL4 Racing

Buenos Aires, KompasOtomotif — MINI ingin terus menjaga pamor hebat mereka di Reli Dakar. Pabrikan blasteran Inggris-Jerman itu baru saja mengumumkan memperpanjang keikutsertaan mereka di balapan enduro “terganas” hingga 2017.

Tahun depan Reli Dakar ke-37 akan berlangsung pada 4-17 Januari 2015, selama dua pekan, para pebalap dari seluruh dunia bakal mencoba menjinakkan liarnya alam Argentina, Cile, dan Bolivia. BMW ingin MINI kembali menjadi juara musim depan.

Senior Vice President MINI Jochen Goller mengatakan, Reli Dakar selalu menggoda, inilah balapan yang sering disebut tantangan utama buat para pebalap dan tim. Dakar memberikan MINI kesempatan unik untuk berhubungan dengan fans di seluruh dunia,

MINI konsisten memenangi Reli Dakar sejak 2012 hingga 2014. Selama tiga tahun kuda besi MINI ALL4 Racing telah membuktikan banyak hal dan tentu patut diperhitungkan.

“Dengan kemenangan tiga kali berurutan, MINI telah berperan besar dalam sejarah ikonis reli ini. Tujuan kami pada 2015 mendapatkan hasil tim yang bagus, sama seperti yang kita lakukan pada 2014,” ujar Goller, seperti diberitakan Carscoops, Kamis (11/12/2014).

Pebalap MINI tahun lalu, Joan Roma, menjelaskan betapa sulitnya berkompetisi di Reli Dakar. “Reli Dakar adalah tantangan berat dan selalu ada banyak kompetitor. Namun, MINI dan X-Raid telah berpengalaman. Tak ada keraguan kami bisa menang, tak peduli siapa lawannya,” ujar Roma.

MINI dan rumah modifikasi asal Jerman X-raid GmbH telah mulai mengerjakan ALL4 Racing berbasis John Cooper Works Countryman sejak 2010. Musim ini setidaknya MINI menurunkan 10 mobil yang terbagi dalam tiga tim, berikut daftarnya.

Monster Energy Rally Raid Team
#300 Joan “Nani” Roma/Michel Périn (ES/FR)
#305 Orlando Terranova/Bernardo “Ronnie” Graue (AR/AR)
#306 Krzysztof Holowczyc/Xavier Panseri (PL/FR)

X-raid Team
#310 Vladimir Vasilyev/Konstantin Zhiltsov (RU/RU)
#314 Erik van Loon/Wouter Rosegaar (NL/NL)
#319 Boris Garafulic/Filipe Palmeiro (CL/PT)
#329 Aidyn Rakhimbayev/Anton Nikolaev (KZ/RU)
#332 Zhou Yong (CN)
#334 Stephan Schott/Holm Schmidt (DE/DE)

Qatar Rally Team
#301 Nasser Al-Attiyah/Mathieu Baumel (QT/FR)

Penulis : Febri Ardani Saragih
Editor : Azwar Ferdian