Pasar Terbesar Datsun di Luar Jabodetabek

Sabtu, 11 Oktober 2014 | 15:30 WIB
Datsun Indonesia Media test drive Datsun Go Panca di Semarang, 7-9 Oktober 2014

Jakarta, KompasOtomotif – Komposisi permintaan mobil Datsun di Indonesia lebih banyak berasal dari luar Jakarta dan sekitarnya. Datsun Indonesia membeberkan lebih dari 50 persen dari 11.000 pemesanan yang saat ini sudah dikantongi berasal dari daerah.

“Datsun lebih laku di daerah, tipe yang paling diminati adalah yang tertinggi. Kita memang belum punya matik, masyarakat melihat model kami value for money,” ujar Indriani Hadiwidjaja, Head of Datsun Indonesia di Semarang, Kamis (9/10/2014).

Wilayah Jabodetabek mewakili 34 persen dari total penjualan atau 3.740 unit, menjadikannya area permintaan tertinggi. Di urutan kedua adalah Sumatera yakni 15 persen (1.650 unit), sementara itu gabungan Jawa Timur, Bali, dan Lombok menjadi penyumpang permintaan terbesar ketiga dengan pencapaian 14 persen (1.540 unit).

Wilayah lain, Jawa Barat (selain Bodetabek) 8 persen, Jawa Tengah 7 persen, Yogyakarta 4 persen, Kalimantan 6 persen, Indonesia Timur 9 persen, dan sisanya diisi daerah lain. “Di luar Jakarta animo masyarakat bagus,” imbuh Indriani.

Datsun Indonesia optimis menambah angka penjualan, merek yang berada di bawah komando Nissan Motor Indonesia ini masih satu-satunya merek yang menjual dua model di segmen LCGC, selain itu dealer-dealer Datsun di berbagai daerah sudah mulai didirikan. Prestasi yang harus dipertahankan, tetap menjadi kontributor terbesar Datsun di pasar global melampaui India dan Rusia.

Penulis : Febri Ardani Saragih
Editor : Azwar Ferdian