Moge Yamaha Resmi Dipasarkan di Bali

Rabu, 30 April 2014 | 14:07 WIB
KompasOtomotif-Febri Ardani Dealer moge Yamaha di Bali

Denpasar, KompasOtomotif - Yamaha Indonesia resmi membuka jalur pemasaran motor gede (moge) di Bali, Rabu (30/4/2014). Seluruh pembelian dan layanan purna jual dikonsentrasikan di Direct Distribution Sales Yamaha Bali, yang terletak Jl. Diponegoro No. 57 Denpasar, Bali.

Dengan begitu, Yamaha Indonesia memiliki dua pusat peredaran moge, Jakarta dan Bali. Selain mempermudah akses konsumen, tentu dengan kehadiran pintu baru, otomatis meningkatkan volume penjualan moge. Tujuan besarnya, mendongkrak citra Yamaha semakin kental dengan aura sport.

"Bali memang masuk rencana kami sebagai kota kedua untuk produk CBU, setelah ini akan ada kota-kota lain yang kami tuju. Pasar sepeda motor besar di Bali, kami yakin bisa mendapatkan market memuaskan," terang Directur Marketing Yamaha Indonesia, Yutaka Terada, saat peluncuran.

Persaingan
Menatap pasar moge yang dinilai potensial, pihaknya optimis perlahan bisa meraup pangsa pasar. "Total pasar moge di Bali sekitar 200-an unit, yang terbesar itu memang merek Amerika Serikat karena sudah stabil. Posisi kami bersaing dengan merek Jepang," ujar Hendra Winata, Chief DDS Bali, usai peluncuran.

Kendati baru diresmikan hari ini, Hendra  mengungkapkan, delapan unit sudah dipesan konsumen, terdiri dari masing-masing dua unit T-Max, R6, dan V-Max, serta seunit R1. "Kami menargetkan dari total 4 model moge, laku 72 unit sampai akhir tahun. Saat ini kami sudah mengantongi 36 unit inden, kami cukup optimis," ucap Hendra saat peluncuran.

Peminat moge di Bali terbagi dua, porsinya merata antara kaum ekspatriat dengan konsumen lokal. Namun sama seperti di Jakarta, model yang paling digemari adalah matik super sport T-Max. Sementara, wilayah asal konsumen meliputi Denpasar, Badung, dan Ubud.

Harga
Lain dengan Jakarta, harga moge di Bali dipengaruhi ketentuan pajak dan biaya pengiriman. Tiga model moge Yamaha dibanderol lebih mahal Rp 10 juta dari Jakarta, yakni R1 Rp 345 juta, T-Max Rp 195 juta, V-Max Rp 510 juta. Khusus R6, hanya beda Rp 5 juta dari Jakarta, menjadi Rp 230 juta. Semua harga berlaku on the road Bali.

Khusus untuk Bali, pilihan warna hanya tersedia Race Blue dan Competition White buat R1. Race Blue, Matt Grey, dan Competition White untuk R6. Tech Graphite dan Competition White pada T-Max, sementara V-Max hanya Power Black. Selain itu, keistimewaan buat konsumen Bali tidak beda dengan Jakarta.

Penulis : Febri Ardani Saragih
Editor : Aris F. Harvenda