Ini Tipikal Konsumen Moge Yamaha

Rabu, 30 April 2014 | 09:10 WIB
Febri Ardani Yamaha R6

Nusa Dua, KompasOtomotif – Sejak mulai dipasarkan November lalu, 100 unit dari empat moge impor Yamaha, ZF-R1, YZF-R6, V-Max, dan T-Max, telah sampai ke tangan konsumen. Variantika D R, dari divisi Marketing Strategy and Planning Yamaha Indonesia, mengungkapkan, kebanyakan moge dibeli orang tua buat anaknya.

“Kami mengawal pemasaran dari hulu ke hilir. Kebanyakan memang orang tua yang beli lalu diberikan untuk anaknya,” ujar Variantika, di Bali, Selasa (29/4/2014). Ia menambahkan, salah satu indikator yang mengungkap hal tersebut diamati dari keterangan KTP konsumen.

Dijelaskan, sebagian besar moge beredar di wilyah Jakarta. Model yang paling banyak diincar dengan harga lebih “terjangkau”, yaitu sepeda motor sport R6 (Rp 225 juta) dan matik “big bike” T-Max (Rp 185 juta). Menyusul setelahnya, sport “kategori sirkuit” R1 (Rp 335 juta) dan cruiser V-Max (Rp 500 juta).

Masih dibuka
Kuota “gelombang” pertama (pada 2013 hingga awal 2014) telah ludes dipesan, namun pintu pemesanan masih tetap dibuka. Eko Prabowo, GM Marketing Communication & Community Development Yamaha Indonesia, menerangkan, kini tidak ada lagi stok moge di dealer Yamaha.

Sekarang pesanan berlaku “by order”. Yamaha Indonesia akan memesan unit CBU tergantung pesanan konsumen. “Kini yang sudah pesan kira-kira 300-an unit. Kalau pesan sekarang, 1-2 bulan lagi baru bisa dikirim,” terang Eko.

Dulunya, moge hanya sebagai lambang status, namun Yamaha Indonesia makin serius menjalani pemasarannya. Selain di Jakarta, dealer khusus moge segera dibuka di Bali, kemudian menyusul representatif di masing-masing pulau besar Indonesia. Sumatera di Medan, Sulawesi di Makassar, serta tambahan di pulau Jawa, yakni Surabaya.

Penulis : Febri Ardani Saragih
Editor : Aris F. Harvenda