Ahok Tersangka, Tuduhan Jokowi Melindungi Dinilai Tak Terbukti - Kompas.com
Sabtu, 27 April 2024

Kaleidoskop 2016

Kaleidoskop 2016

Simak rangkuman peristiwa, informasi, dan ulasan topik hangat yang terjadi selama tahun 2016..

Ahok Tersangka, Tuduhan Jokowi Melindungi Dinilai Tak Terbukti

Kamis, 17 November 2016 | 11:35 WIB
KOMPAS.com / GARRY ANDREW LOTULUNG Presiden Joko Widodo saat memberikan keterangan pers terkait kasus Gubernur non-aktif DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama yang ditetapkan sebagai tersangka dalam kasus penodaan agama di acara Fruit Indonesia 2016 di Lapangan Parkir Timur Senayan Jakarta, Kamis (16/11/2016).

JAKARTA, KOMPAS.com - Langkah Badan Reserse Kriminal Polri yang menetapkan calon Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahja Purnana sebagai tersangka dalam kasus penistaan agama dinilai telah membuktikan bahwa kepolisian sudah bekerja secara obyektif dan profesional.

Hal ini juga membuktikan bahwa kasus tersebut tidak berkorelasi dengan kepentingan politik Presiden Joko Widodo, sebagaimana yang dituduhkan berbagai pihak.

"Tuduhan bahwa Presiden Jokowi melakukan intervensi dalam kasus dugaan penistaan agama oleh Ahok juga dengan sendirinya juga gugur," kata Ketua Pusat Studi Politik dan Keamanan Universitas Padjadjaran Muradi, Kamis (17/11/2016).

Muradi menambahkan, kanalisasi kasus dugaan penistaan agama oleh Ahok hanya pada proses hukum yang obyektif dan adil, menegaskan bahwa unsur kepentingan politik tidak lagi saling berkaitan.

Oleh karena itu, menjadi tidak lagi relevan jika rencana unjuk rasa yang akan dilakukan pada 25 November 2016 tetap dilakukan.

"Sehingga jika pun tetap dilakukan, maka dugaan bahwa aksi-aksi yang akan dilakukan tersebut akan tetap dianggap memiliki agenda politik lain, tidak sekedar melakukan penegakan hukum yang adil bagi Ahok," kata Muradi.

Sebelumnya, Presiden Jokowi sendiri sudah berulang kali menegaskan bahwa ia tidak akan melindungi Ahok dalam kasus yang menjeratnya.

Pernyataan ini disampaikan saat Jokowi bersilaturahmi dengan para ulama dan tokoh agama. (Baca: Di Depan Pimpinan Ormas Islam, Jokowi Tegaskan Lagi Tidak Lindungi Ahok)

Kompas TV Ketua MUI: Presiden Tak Akan Intervensi Kasus Ahok



Ikuti perkembangan berita ini dalam topik:

Penulis: Ihsanuddin
Editor : Bayu Galih