Akhir Desember, Kali Sekretaris Ditargetkan Steril dari Permukiman Liar - Kompas.com
Minggu, 19 Mei 2024

Kaleidoskop 2016

Kaleidoskop 2016

Simak rangkuman peristiwa, informasi, dan ulasan topik hangat yang terjadi selama tahun 2016..

Akhir Desember, Kali Sekretaris Ditargetkan Steril dari Permukiman Liar

Senin, 22 September 2014 | 19:17 WIB
KOMPAS.com/FABIAN JANUARIUS KUWADO Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo (dua dari kiri) tengah berbincang dengan Kepala Dinas Pekerjaan Umum DKI Manggas Rudy Siahaan di Kali Sekretaris, Senin (20/1/2014).
JAKARTA, KOMPAS.com- Sekretaris Daerah Provinsi DKI Jakarta Saefullah mengatakan, penertiban permukiman liar di bantaran Kali Sekretaris, Kebon Jeruk, Jakarta Barat ditargetkan rampung pada akhir Desember 2014. Dari data yang dimiliki, ada enam lokasi permukiman liar yang akan ditertibkan.

Menurut Saefullah, para warga bantaran Kali Sekretaris yang seluruhnya berjumlah sekitar 250 orang, nantinya akan direlokasi ke rumah susun sederhana sewa (rusunawa) Daan Mogot, yang pembangunannya ditargetkan rampung pada Oktober. Rusunawa Daan Mogot nantinya akan dapat menampung sekitar 1000 penghuni.

“Rusunnya sudah hampir jadi. Wali Kota Jakarta Barat diminta untuk mengecek sudah siap belum aliran air dan listriknya. Kalau sudah terpasang, segera ditempati. Warga pasti dapat rusun, semua warga di bantaran kali pasti dikasih,” kata Saefullah, di Balaikota Jakarta, Senin (22/9/2014).

Menurut Saefullah, rusunawa Daan Mogot nantinya akan terdiri dari 26 blok. Untuk tahap awal akan diselesaikan delapan blok yang bisa menampung 700-800 kepala keluarga.

"Tidak jauh dari rusun nantinya juga akan dibangun masjid raya terbesar di Jakarta dengan lahan seluas 3 hektar," ujar Saefullah.

Sebagai informasi, Pemprov DKI memutuskan menunda penertiban permukiman liar di Kali Sekretaris yang seharusnya dilakukan pada pekan lalu. Penundaan dilakukan lantaran belum rampungnya pembangunan rusunawa Daan Mogot.

Penertiban Kali Sekretaris bertujuan untuk proyek pembangunan jalan inspeksi yang akan melintasi wilayah Kelurahan Duri Kepa dan Kedoya Utara.

Penulis: Alsadad Rudi
Editor : Kistyarini