Perbaikan Tanggul Kali Sekretaris Ditargetkan Selesai Hari Ini - Kompas.com
Minggu, 19 Mei 2024

Kaleidoskop 2016

Kaleidoskop 2016

Simak rangkuman peristiwa, informasi, dan ulasan topik hangat yang terjadi selama tahun 2016..

Perbaikan Tanggul Kali Sekretaris Ditargetkan Selesai Hari Ini

Minggu, 19 Januari 2014 | 17:41 WIB
KOMPAS.COM/KURNIA SARI AZIZA Tanggul Kali Sekretaris jebol pada Minggu (19/1/2014) pagi.

JAKARTA, KOMPAS.com
- Setelah lima tahun, tanggul Kali Sekretaris kembali jebol. Kepala Suku Dinas Pekerjaan Umum Tata Air Jakarta Barat H. Pamudji mengatakan jebolnya tanggul kali Sekretaris itu belum membahayakan warga.

Saat ini, petugasnya sedang bergotong royong untuk membangun penahan yang terbuat dari karung pasir. "Hari ini diusahakan selesai perbaikan sementaranya," kata Pamudji kepada Kompas.com, di lokasi, Tanjung Duren, Jakarta Barat, Minggu (19/1/2014).

Pamudji menjelaskan, tanggul ini pernah jebol di tahun 2007 lalu. Perbaikan secara permanen akan langsung dilaksanakannya bersama dengan Dinas Pekerjaan Umum DKI Jakarta. Yang terpenting adalah membuat tanggul sementara, dengan membangun tembok yang terbuat dari karung pasir.

Tembok tanggul jebol sekitar 30 cm. Debit air di Kali Sekretaris meluap akibat curah hujan yang tinggi di kawasan tersebut dan mengalir dari pintu air Manggarai yang telah dibuka. Luapan air Kali Sekretaris ini mengalir ke Kali Gendong dan Waduk Tomang Barat, Jatipulo.

Meskipun Kali Sekretaris jebol, ia memastikan, warga sekitar Tanjung Duren aman dari banjir. Sebab, luapan kali Sekretaris juga mengalir ke Waduk Tomang Barat. "Makanya kita upayakan juga jangan sampai warga Tomang Barat yang terancam banjir, karena mendapat kiriman air dari sini," kata Pamudji.

Camat Grogol Petamburan Denny Ramdany mengatakan, saat ini pihaknya sedang mencari bantuan berupa alat potong besi, lampu, dan listrik dari Suku Dinas Energi dan Perindustrian Penanganan Jalan Umum (PJU) Jakarta Barat, maka ia menjamin, banjir tak lagi menghadang masyarakat Tanjung Duren, Jakarta Barat.

"Di sini aman tenang saja, tapi ya namanya manusia, kita juga harus tetap berdoa semoga hujan yang turun tidak deras dan perbaikan selesai," kata Denny.

Berdasarkan pantauan Kompas.com garis polisi telah terpasang di depan tanggul yang jebol oleh pihak Polsek Tanjung Duren.

Masyarakat sekitar tampak berduyun-duyun datang ke lokasi dan mengabadikan momen jebolnya tanggul kali Sekretaris dengan menggunakan kamera handphone mereka. Ramainya warga yang melihat peristiwa itu, membuat arus lalu lintas kawasan Tanjung Duren terhambat.

Sebuah crane dari SDPU Tata Air Jakarta Barat pun tampak membantu pengerjaan pemotongan besi yang terdapat di tengah tanggul.

Ikuti perkembangan berita ini dalam topik:

Penulis: Kurnia Sari Aziza
Editor : Kistyarini