Kompas.com
Selasa, 2 Juli 2024

Rayakan Perbedaan

TAG

Diguyur Hujan Semalaman, Ratusan Rumah di Kabupaten Dompu Terendam Banjir

Jumat, 2 April 2021 | 21:00 WIB
Banjir luapan sungai merendam ratusan rumah warga di Kabupaten Dompu setelah diguyur hujan lebat sejak Kamis (01/04/2021) malam hingga Jumat (02/04) siangKOMPAS.COM/SYARIFUDIN Banjir luapan sungai merendam ratusan rumah warga di Kabupaten Dompu setelah diguyur hujan lebat sejak Kamis (01/04/2021) malam hingga Jumat (02/04) siang

DOMPU, KOMPAS.com - Ratusan rumah warga di empat Kecamatan di Kabupaten Dompu, Nusa Tenggara Barat (NTB) terendam banjir bandang pada Jumat (2/4/2021).

Akibat banjir tersebut, beberapa warga terpaksa mengungsi ke tempat yang lebih aman.

Banjir yang menerjang permukiman warga ini terjadi menyusul hujan deras yang mengguyur sejak Kamis (1/4/2021) hingga Jumat siang.

Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Dompu, Jufrin mengatakan, banjir telah merendam lebih dari 800 rumah setelah diguyur hujan lebat.

"Berdasarkan laporan sementara, tercatat ada 800 lebih rumah yang tersebar di empat Kecamatan terendam," kata Jufrin saat dihubungi Kompas.com, Jumat sore.

Baca juga: Pengojek yang Antar Gubernur Lukas Enembe ke Papua Nugini: Saya Dikasih Rp 100.000, Tarif Biasanya Rp 7.000

Adapun empat Kecamatan yang dilanda banjir itu meliputi Kecamatan Pajo, Woja, Dompu dan Hu'u. Di sejumlah lokasi itu, kata Jufrin, rata-rata air menggenangi rumah warga dengan ketinggian mencapai 1,5 meter.

Jufri menambahkan, bencana banjir bandang tersebut terjadi mulai sekitar pukul 13.00 WITA.

Intensitas hujan yang cukup tinggi, menyebabkan air sungai meluap hingga akhirnya merendam rumah warga.

Saat air sungai meluap, sejumlah warga panik dan berusaha menyelamatkan diri.

Page:

Penulis: Kontributor Bima, Syarifudin
Editor : Dheri Agriesta