Penampilan Perdana VW GTI Roadster di AS

Kamis, 20 November 2014 | 10:20 WIB
Leftlanenews Volkswagen GTI Roadster Vision Gran Turismo

Los Angeles, KompasOtomotif - Volkswagen mengandalkan model konsepnya GTI Roadster Vision Gran Turismo untuk membuka Los Angeles Auto Show 2014. Penampilan ini sekaligus menandakan debut GTI Roadster di benua Amerika.

GTI Roadster dirancang untuk merayakan 15 tahun video game balap Gran Turismo. Atas dasar itulah desain yang dihadirkan memang terbilang nyentrik dibanding mobil sport pada umumnya. VW awalnya menampilkan GTI Roadster untuk dipamerkan pada festival tahunan Wörthersee di Austria. GTI bisa diunduh pemilik game Gran Turismo 6 untuk konsol PlayStation 3.

Seperti karakter mobil balap lain, jok hanya ada dua dengan model racing, dilengkapi sabuk pengaman lima titik. Lingkar kemudi juga bergaya balap, dipadu nuansa interior berwarna hitam dan merah untuk menyesuaikan warna eksterior. Meskipun akar GTI Roadster ini adalah VW Golf, tapi sengaja didesain tidak memiliki kursi belakang.

Bagian depan bergaya GTI, tapi sektor lain mendapat sentuhan aerodinamika layaknya mobil balap. Sayap belakang berukuran besar guna menambah downforce (daya tekan) saat berada dalam kecepatan tinggi.

Di bawah kap mesin tersemat mesin FSI 3,0 liter twin-turbocharger yang mampu memproduksi 503 tk dan torsi 560 Nm. Tenaga dikirimkan ke semua roda dengan transmisi DSG tujuh percepatan. VW mengklaim akselerasi 0-100 kpj dalam 3,5 detik dan top speed 308 kpj.

Penulis : Azwar Ferdian
Editor : Aris F. Harvenda