Generasi Terbaru Bentley dan Porsche Berbagi Basis Sama

Jumat, 14 November 2014 | 09:40 WIB
Worldcarfans Bentley Continental GT Speed 2014

Wolfsburg, KompasOtomotif - Generasi terbaru Bentley Continental tak akan lagi menggunakan platform D1 milik Volkswagen Phaeton, tapi telah diputuskan memakai platform baru MSB milik Porsche yang juga akan digunakan pada All-New Panamera.

Kabar ini disiarkan Autocar, Kamis (13/11/2014), dari sumber internal Volkswagen AG yang mengungkapkan Continental bakal mendapat keuntungan dari ekstensi penggunaan alumunium. Satu hal yang pasti, bobot mobil bakal berkurang drastis, selain itu distribusi bobot juga membantu pengendalian berkendara.

Hasilnya tentu membuat karakteristik kendali Continental semakin baik. Porsche mengembangkan MSB lebih dulu untuk mengakomodir rasa sporty lalu Bentley akan membuatnya lebih cocok dengan karakter mengemudi elegan.

Disebutkan pula dengan menggunakan platform yang sama bisa berarti Bentley punya akses pada mesin baru Porsche V8 turbo yang kini sedang dikembangkan. Kemungkinan mesin ini akan digunakan untuk Continental dan Flying Spur.

Peluncuran Porsche All-New Panamera direncanakan pada 2016, sementara generasi terbaru Continental akan lahir setahun kemudian.

Penulis : Febri Ardani Saragih
Editor : Aris F. Harvenda