Intip Tren Modifikasi Mobil di 2016 - Kompas.com
Rabu, 17 April 2024

Kaleidoskop 2016

Kaleidoskop 2016

Simak rangkuman peristiwa, informasi, dan ulasan topik hangat yang terjadi selama tahun 2016..

Intip Tren Modifikasi Mobil di 2016

Rabu, 14 Desember 2016 | 08:05 WIB
Stanly/Otomania Tren modifikasi 2016

Jakarta, Otomania - Seiring dengan banyaknya mobil baru, perkembangan dunia modifikasi juga terus berevolusi. Meski belum terlalu banyak perubahan namun sudah ada sedikit pergeseran ke arah yang lebih bervariasi.

Artinya, banyak pelaku modifikasi yang lebih kreatif menghasilkan karya. Ada yang menggabungkan satu konsep dengan konsep lainnya sehingga tercipta karya yang tidak monoton.

Berikut daftar modifikasi mobil yang tetap eksis sepanjang 2016.

1. Street Racing

Konsep modifikasi ini masih tetap digandrungi meski sudah cukup lama berdar. Kebanyakan pemainnya lebih fokus pada tampilan bodi yang agresif, desain interior yang diubah, serta sedikit sentuhan pada ruang mesin guna mendongkrak performa.

Febri Ardani Modifikasi aliran "Street Racing" pada All-New Honda Jazz.

Umumnya aplikasi street racing banyak digunakan pada mobil tipe sedan, namun saat ini sudah banyak mobil tipe lain yang ikut mengadopsinya. Mulai dari city car sampai hatchback.

2. Cutting Stiker

Tren modifikasi stiker juga tidak lekang dimakan waktu, justru perkembangannya kian pesat. Bila dulu stiker hanya dijadikan pelengkap tampilan, kini sudah menjadi faktor utama, bahkan di beberapa kontes modifikasi ada kelas khusus untuk stiker.

Stanly/Otomania Modifikasi Honda Brio Ilusi

Salah satu modifikasi yang sukses mencuri banyak perhatian adalah Honda Brio karya Pacman Stiker. Bukan lagi menerapkan gambar atau grafis, Pacman sudah bisa menuangkan karya seni pada tubuh Brio dengan teknik ilusi.

3. Stance

Stanly/Otomania Kaki-kaki dibuat ala stance dengan dimensi lebar

Pelek lebar dan offside menjadi salah satu ciri dari aliran Stance. Meski sudah cukup lama, tapi aliran ini terbukti masih sangat diminati, bahkan aplikasinya kini kian banyak tanpa mengenal batasan jenis mobil.

Selain bermain di offside pelek, biasnya bodi juga dibuat lebih lebar tau menggunakan wide bodi. Kebanyakan modifikasi stance saat ini diikuti oleh tampilan bodi yang clean and clear sehingga menarik untuk di pandang.

4. Audio

Stanly/Otomania Ilustrasi Modifikasi Audio

Meski perkembangannya tidak secepat aliran lain, tapi dunia audio juga tidak boleh dianggap remeh. Bisa dibilang saat ini tren modifkasi audio sedang berkembang pesat, bahkan industrinya sendiri saat ini sudah cukup besar dengan sajian teknologi yang canggih.

5. VIP Elegan

Aliran modifikasi yang satu ini juga masih digemari. Selain menampilkan bentuk yang elegan, biasanya konsep VIP lebih mengedepankan kenyamanan dalam ruang kabin. Tapi seiring dengan perkembanganya, aliran VIP banyak yang dikolaborasikan dengan aliran lain, mulai dari stance sampai audio.

Ikuti perkembangan berita ini dalam topik:

Penulis: Stanly Ravel
Editor : Azwar Ferdian