Firli Bahuri Absen Pemeriksaan Polda Metro Besok, KPK: Sudah Bersurat, Ada Kegiatan di Aceh

Senin, 6 November 2023 | 19:36 WIB

Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Firli Bahuri membantah terdapat pimpinan lembaga antirasuah yang memeras Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo, Kamis (5/10/2023).KOMPAS.com/Syakirun Ni'am Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Firli Bahuri membantah terdapat pimpinan lembaga antirasuah yang memeras Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo, Kamis (5/10/2023).

JAKARTA, KOMPAS.com - Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Firli Bahuri disebut tidak bisa menghadiri pemeriksaan di Polda Metro Jaya besok, Selasa (7/11/2023).

Diketahui, Firli Bahuri sedianya diperiksa sebagai saksi dugaan pemerasan terhadap eks Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo (SYL) pada Selasa besok.

Juru Bicara Penindakan dan Kelembagaan KPK Ali Fikri mengatakan, Firli telah melayangkan surat kepada penyidik Polda Metro untuk menunda jadwal pemeriksaan.

“Itu informasi yang kami peroleh sudah berkirim surat ke sana, soalnya ada kegiatan di Aceh,” kata Ali saat ditemui awak media di gedung Merah Putih KPK, Jakarta Selatan, Senin (6/11/2023).

Baca juga: Firli Bahuri Diperiksa Lagi Besok, Eks Penyidik Ingatkan Tak Mangkir

Ali mengatakan, Firli akan menghadiri agenda Roadshow Bus Antikorupsi dan peringatan Hari Antikorupsi Sedunia (Hakordia) di Aceh

Menurut Ali, pada sore hari ini sejumlah insan KPK lainnya sudah berada di kantor lembaga antirasuah tersebut untuk menyiapkan acara yang akan dihadiri Firli Bahuri itu.

Ia kemudian meminta publik memahami bahwa Firli bukan mangkir karena melayangkan konfirmasi ke Polda Metro Jaya.

“Kalau mangkir itu kalau tidak ada pemberitahuan tidak ada konfirmasi,” ujar Ali.

Baca juga: Fakta-fakta Safe House Firli Bahuri di Kertanegara, Rumah yang Diduga Jadi Tempat Perjamuan Tamu Penting

Sebelumnya, Dirkrimsus Polda Metro Jaya Kombes Ade Safri Simanjuntak menyatakan pihaknya telah melayangkan surat panggilan kepada Firli Bahuri pada Kamis (2/11/2023) lalu.

Menurut Ade, Firli Bahuri dipanggil karena tim penyidik membutuhkan keterangan tambahan.

"Agenda lanjutan penyidikan berikutnya pemeriksaan keterangan tambahan terhadap saksi FB (Firli Bahuri) selaku Ketua KPK RI, yang telah dikirimkan surat panggilannya pada tanggal 2 November 2023," ujar Ade di Mapolda Metro Jaya pada 3 November 2023.

Dalam perkara ini, penyidik Polda Metro Jaya telah memeriksa 67 saksi termasuk Fikri dan Syahrul Yasin Limpo berikut ajudan mereka.

Penyidik juga telah menggeledah rumah Firli Bahuri di Jalan Kertanegara, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan dan Villa Galaxy, Bekasi, Jawa Barat.

Meski demikian, sampai saat ini Polda Metro Jaya belum juga menetapkan pihak-pihak yang ditetapkan sebagai tersangka dalam perkara ini.

Baca juga: Polisi Sebut Firli Bahuri dan Syahrul Yasin Limpo Pernah Bertemu di Safe House Kertanegara


Penulis : Syakirun Ni'am
Editor : Novianti Setuningsih