Tili, Penakluk Buaya Berkalung Ban, Ditawari Jadi Honorer Khusus Penyelamat Satwa di Pemkot Palu

Sabtu, 12 Februari 2022 | 17:47 WIB

Tili (kanan) seorang penangkap buaya berkalung ban di Kota Palu, Sulteng, memelihara burung di rumahnya. 
Tribun Palu/Suta Tili (kanan) seorang penangkap buaya berkalung ban di Kota Palu, Sulteng, memelihara burung di rumahnya.

KOMPAS.com - Pemerintah Kota Palu, Sulawesi Tengah, menawarkan pekerjaan sebagai tenaga honorer kepada Tili (35), pria penyelamat buaya berkalung ban di Palu.

Tawaran tersebut sebagai bentuk apresiasi kepada Tili. 

Baca juga: Akhir Kisah Buaya Berkalung Ban, Gagal Ditangkap Panji Petualang hingga Matt Wright, Ditaklukkan Warga Sragen

”Ini sifatnya tawaran. Keputusannya kembali ke Tili, apakah mau terima atau tidak. Tawaran ini bentuk apresiasi kami terhadap upaya penyelamatan buaya berkalung ban yang dia lakukan,” kata Wali Kota Palu Hadianto Rasyid, di Palu, Jumat (11/2/2022), dikutip dari Kompas.id.

Baca juga: Cerita di Balik Tili Berhasil Tangkap Buaya Berkalung Ban, Berenang di Sungai Palu Malam Hari dan Minum Airnya

Tawaran tersebut sudah disampaikan Hadianto langsung kepada Tili dalam pertemuan pada Kamis (10/2/2022).

Hadianto menyatakan, langkah untuk mengangkat Tili menjadi tenaga honorer tak bertentangan dengan aturan yang ada.

Pengangkatan pun tetap akan mengikuti prosedur yang berlaku.

Jika tawaran itu diterima, Tili akan ditempatkan sebagai tenaga khusus untuk penyelamatan satwa di Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kota Palu.


 

Dinas itu selama ini juga turut menyelamatkan satwa, baik yang dipelihara maupun satwa liar di Kota Palu. Keahlian Tili dinilai bisa memperkuat kinerja dinas.

Seperti diketahui, Tili yang kelahiran Kabupaten Sragen, Jawa Tengah, berhasil menangkap seekor buaya muara (Crocodylus porosus) yang selama enam tahun terakhir terlilit ban motor di leher.

Ia menangkap buaya tersebut pada Senin (7/2/2022) malam di pinggir Sungai Palu, dekat Jembatan II, Kelurahan Tatura Selatan, Kecamatan Palu Selatan.

Untuk membaca artikel secara lengkap, silakan klik: Penyelamat Buaya Berkalung Ban Ditawari Jadi Pegawai Honorer di Pemkot Palu


Penulis :
Editor : David Oliver Purba