RSUD Soetomo Surabaya Ubah Gedung Parkir 5 Lantai Jadi Ruang Isolasi Covid-19 Berkualitas HCU

Senin, 12 Juli 2021 | 15:14 WIB

Ilustrasi: perawatan pasien positif terinfeksi virus coronaShutterstock Ilustrasi: perawatan pasien positif terinfeksi virus corona

SURABAYA, KOMPAS.com - Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr Soetomo Surabaya mengubah gedung parkir menjadi ruang isolasi pasien Covid-19 dengan kualitas high care unit (HCU). Sebanyak 150 tempat tidur disiapkan di gedung lima lantai tersebut.

Direktur RSUD dr Soetomo Surabaya dr Joni Wahyuhadi mengatakan, gedung parkir yang dimanfaatkan untuk ruangan isolasi tersebut terbagi dalam enam level, yakni, 3A dan 3B, lalu 4A dan 4B, serta 5A dan 5B.

"Kualitas ruang perawatannya HCU untuk pasien sedang dan berat, bisa muat 150 tempat tidur pasien," kata Joni saat dikonfirmasi, Senin (12/7/2021).

Mesin-mesin anestesi yang ada di ICU, kata Joni, akan disiapkan untuk membantu kebutuhan intensif care di ruangan tersebut.

Baca juga: Adu Mulut dan Saling Bentak dengan Polisi, Pemilik Angkringan: Bapak Masih Gajian, Saya Cari Makan!

"Mesin anestesi kita punya banyak, mesin-mesin ICU, ventilator kita punya banyak. Hanya tempatnya yang kita relokasi dari ICU pasien non-Covid menjadi pasien Covid," jelasnya.

Menurut Joni, jika tidak ada halangan teknis, gedung parkir tersebut bisa mulai beroperasi sejak 14 Juli 2021.

Sesuai arahan Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa, RSUD dr Soetomo tidak akan menutup layanan meski pasien Covid-19 terus berdatangan.

"Kita hanya diminta melakukan pembenahan-pembenahan di dalam dengan cara menambah ruangan, menambah tenaga kesehatan serta relawan," kata Khofifah.


 

Sebelumnya, RSUD dr Soetomo juga "menyulap" lima buah kontainer menjadi ruang isolasi pasien Covid-19.

Kontainer yang berada di depan Unit Gawat Darurat RSUD dr Soetomo itu didesain sedemikian rupa untuk menampung 25 tempat tidur pasien.

Baca juga: Pelanggar PPKM Darurat di Surabaya Malah Menantang Polisi dan Timbulkan Kericuhan

Hingga Minggu sore, jumlah kasus Covid-19 di Jatim tercatat 194.361 kasus.

Rinciannya, 163.158 kasus sembuh (83,95 persen), 17.118 pasien dirawat (8,81 persen), dan 14.085 pasien meninggal (7,25 persen).


Penulis : Kontributor Surabaya, Achmad Faizal
Editor : Dheri Agriesta