Saat Motor Parkir, Sebaiknya Pakai Standar Samping atau Tengah?

Senin, 13 Januari 2020 | 10:36 WIB

Standar samping sepeda motor lebih sering digunakan dibandingkan dengan standar tengah. Salah satunya karena lebih mudah dalam pengoperasiannya.Ari Purnomo Standar samping sepeda motor lebih sering digunakan dibandingkan dengan standar tengah. Salah satunya karena lebih mudah dalam pengoperasiannya.

 

 SOLO, KOMPAS.com- Sepeda motor biasanya mempunyai dua jenis standar ,yakni samping dan juga tengah. Kedua jenis tersebut tentunya mempunyai tujuan penggunaan berbeda-beda.

Tetapi, dari kedua jenis standar itu manakah yang lebih baik digunakan saat parkir? Service Advisor (SA) AHASS Raharjo Motor Banyuanyar, Solo Jawa Tengah Sarjono menjelaskan, penggunaan standar samping maupun tengah melihat kondisi lahan parkir yang tersedia.

“Kalau lebih baik ya menggunakan standar tengah, karena lebih seimbang. Berbeda saat menggunakan standar samping, tapi juga melihat lahan parkir yang tersedia,” ujarnya saat ditemui KOMPAS.com, Senin (12/1/2020).

Baca juga: Begini Setelan Sokbreker Motor yang Sering Bawa Beban Berat

Pria yang akrab disapa Jono itu menambahkan, jika memang lahan parkir yang tersedia terbatas tidak ada pilihan lain selain menggunakan standar samping. Selain lebih menghemat ruang parkir yang tersedia juga lebih mudah.

“Tapi kalau untuk parkir dalam waktu yang lama lebih baik menggunakan standar tengah. Tapi kalau sebentar bisa menggunakan standar samping karena lebih mudah,” ucapnya.

Penggunaan standar tengah lebih disarankan saat kendaraan parkir dalam waktu cukup lama. Hal ini karena standar tengah lebih seimbang dibandingkan dengan standar samping.Ari Purnomo Penggunaan standar tengah lebih disarankan saat kendaraan parkir dalam waktu cukup lama. Hal ini karena standar tengah lebih seimbang dibandingkan dengan standar samping.

Selama ini, penggunaan standar samping banyak dilakukan oleh para pemilik motor matik. Selain lebih mudah, juga karena terdapat stand switch. Sehingga, saat standar samping diturunkan otomatis mesin akan mati sendiri.

“Kalau yang banyak menggunakan standar samping itu matik ya. Tapi biasanya standar samping yang banyak digunakan juga akan berpengaruh terhadap sudut standar menjadi lebih miring,” katanya.

Selain itu, Jono juga menambahkan, penggunaan standar samping dan tengah juga memperhatikan landasan yang akan dipakai. Jika memang tidak datar atau bergelombang bisa menggunakan standar samping.

Baca juga: Pelajari Jurus Tiga Detik buat Hindari Kecelakaan Beruntun

“Tapi kalau dasar tempat parkirnya datar bisa menggunakan standar tengah. Jadi melihat kondisinya juga,” ucapnya.

Lalu bagaimana dengan motor sport yang kebanyakan tidak dilengkapi dengan standar tengah? Jono menyampaikan, untuk motor sport bisa menggunakan paddock.

“Dan biasanya para pemilik motor sport mempunyai paddock, jadi kalau tidak ingin menggunakan standar samping bisa menggunakan paddock biar lebih seimbang,” ujarnya.


Penulis : Ari Purnomo
Editor : Aditya Maulana