Anies Instruksikan Anak Buah Kerja Nonstop Atasi Banjir

Kamis, 2 Januari 2020 | 10:47 WIB

Gubernur Anies Baswedan saat bercengkrama dengan pengungsi banjir di Kemang Utara, Rabu (1/1/2019).KOMPAS.com/ELSA CATRIANA Gubernur Anies Baswedan saat bercengkrama dengan pengungsi banjir di Kemang Utara, Rabu (1/1/2019).

JAKARTA, KOMPAS.com - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menginstruksikan seluruh anak buahnya untuk bekerja nonstop mengatasi banjir yang terjadi sejak Rabu (1/1/2020) kemarin.

Anies berujar, tugas Pemprov DKI masih banyak untuk menuntaskan bencana banjir.

Parameter tuntasnya banjir, yakni banjir dan genangan surut; jalan dan fasilitas publik berfungsi; pengungsi kembali ke rumahnya; dan kegiatan masyarakat kembali seperti semula.

"Sampai dengan kondisi itu tercapai, kita kerja nonstop, all out, dan harus tuntas. Bapak Ibu saudara sekalian, seluruh jajaran yang saya hormati, terus jaga semangat, jangan kendorkan kerja, terus bekerja all out, pastikan semua turun full team hari ini," ujar Anies dalam rekaman suara yang dikirimkan Pemprov DKI, Kamis (2/1/2020).

Baca juga: Korban Banjir di Cipinang Melayu Butuh Baju Layak Pakai

Anies menyadari, banyak anak buahnya yang kelelahan karena bekerja mengatasi banjir sejak Rabu kemarin. Namun, tugas pemerintah tetap harus dijalankan sampai masyarakat bisa kembali beraktivitas dengan normal.

"Saya menyadari semuanya dalam kondisi lelah setelah bekerja lebih dari 24 jam. Insya Allah kebahagiaan masyarakat ketika mereka bisa kembali ke rumahnya dan berkegiatan, menjadi obat bagi kelelahan kita. Insya Allah kelelahan ini akan dibalas dengan pahala yang tak ternilai dari Allah SWT," kata dia.

Selain itu, Anies meminta para lurah dan camat memenuhi semua kebutuhan warga yang menjadi korban banjir. Dia meminta lurah dan camat aktif mendatangi warga korban banjir untuk menanyakan kebutuhan mereka dan memenuhinya.

Baca juga: Mau Kirim Obat hingga Selimut untuk Korban Banjir? Ini Lokasi Posko Logistik di Jakarta

Lurah dan camat juga diinstruksikan untuk berkoordinasi dengan tokoh masyarakat di pengungsian mandiri dan menanyakan kebutuhan di lokasi pengungsian tersebut.

"Hal-hal yang tampak sederhana harus segera diantisipasi, mulai dari minuman, makanan, obat-obatan, alas tidur, toilet umum, itu semua harus dipastikan ada. Di tempat-tempat yang sudah surut, pastikan kebersihan segera terjaga, pastikan petugas-petugas kita hadir membersihkan," ucap Anies.

Anies juga berterima kasih kepada seluruh anak buahnya yang sudah bekerja nonstop untuk mengatasi banjir Jakarta. Dia juga berpesan anak buahnya untuk selalu siaga.

"Kita sudah merasakan bahwa hujan mulai mereda, air mulai surut, tetapi tantangan kita belum selesai. Mari kita terus siaga, tanggap, dan galang," tutur Anies.


Penulis : Nursita Sari
Editor : Jessi Carina