Antisipasi Pohon Tumbang Di Musim Hujan, DLH Tangsel Pangkas Pohon Rapuh

Rabu, 6 November 2019 | 16:17 WIB

Sebuah kendaraaan yang terparkir di halaman Pendopo Bupati Cianjur rusak parah akibat tertimpa pohon besar saat terjadi hujan deras disertai angin kencang di kawasan perkotaan di Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, Kamis (17/10/2019) petang.KOMPAS.COM/FIRMAN TAUFIQURRAHMAN Sebuah kendaraaan yang terparkir di halaman Pendopo Bupati Cianjur rusak parah akibat tertimpa pohon besar saat terjadi hujan deras disertai angin kencang di kawasan perkotaan di Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, Kamis (17/10/2019) petang.

TANGERANG SELATAN,KOMPAS.com - Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Tangerang Selatan meningkatkan kewaspadaan pohon tumbang dalam memasuki musim penghujan.

Upaya yang dilakukan yakni dengan melakukan pemeliharaan hingga pemangkasan pohon.

"Karena berpotensi untuk tumbang gitu ya, maka akan dilakukan pemeliharaan atau pemangkasan pada pohon," kata Sekretaris Dinas LH, Yepi Suherman saat ditemui di Rumah Sakit Umum (RSU) Tangerang Selatan, Rabu (6/11/2019).

Yepi menjelaskan, untuk memangkas pohon, Dinas LH Tangsel memiliki penilaian dari usia pohon.

Jika pohon tersebut dinilai sudah rapuh, maka pihaknya tidak hanya memangkas ranting, tapi juga memotong habis.

Nantinya di lokasi tersebut akan digantikan dengan pohon baru karena pada dasarnya setiap wilayah butuh penghijauan.

"Sesuai usia pohon, kalau masih sehat dan masih kuat, kita enggak kita potong habis. Tapi kalau usianya tua dan kita nilai keropos nih, itu kita habisin. Nanti kita ganti dengan pohon penggantinya," ucap Yepi.

Baca juga: Bogor Dilanda Angin Kencang, Atap Rumah-rumah Warga Rusak, Pohon Tumbang

Yapi mengatakan, masalah pohon tumbang perlu kepedulian bersama mengingat banyaknya pepohonan yang sudah berusia tua di Tangsel.

DLH Tangsel juga menerima aduan masyarakat tentang pohon yang berpotensi tumbang untuk segera diatasi.

"Kita pun terima pengaduan dari masyarakat untuk pohon yang rawan tumbang. Ini karena kondisinya pohon ini (di Tangsel) ditanam cukup lama, sejak sebelum Tangsel berdiri, seperti di wilayah BSD, dan Pondok Aren," pungkas dia.


Penulis : Muhammad Isa Bustomi
Editor : Ambaranie Nadia Kemala Movanita