Teruskan Kebiasaan Ayah, Anies Baswedan Sembelih Hewan Kurban Sendiri

Minggu, 11 Agustus 2019 | 13:19 WIB

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyembelih sendiri sapi kurbannya di halaman mushala dekat rumahnya di Lebak Bulus, Jakarta Selatan, Minggu (11/8/2019).KOMPAS.com/NURSITA SARI Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyembelih sendiri sapi kurbannya di halaman mushala dekat rumahnya di Lebak Bulus, Jakarta Selatan, Minggu (11/8/2019).

JAKARTA, KOMPAS.com - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyembelih sendiri sapi kurbannya di halaman mushala dekat rumahnya di Lebak Bulus, Jakarta Selatan, Minggu (11/8/2019).

Berdasarkan pantauan Kompas.com, sebelum menyembelih sapi kurbannya, Anies menyembelih beberapa kambing kurban milik warga.

Setelah itu, barulah Anies menyembelih sapi limosin seberat 1,2 ton yang menjadi hewan kurbannya.

Baca juga: Anies Baswedan Sekeluarga Shalat Idul Adha di Balai Kota

Anies bercerita, ia pertama kali menyembelih hewan kurban di Gunung Kidul, Yogyakarta, saat kelas XI SMA.

Setelah itu, ia selalu berupaya menyembelih hewan kurban milik keluarganya, dan kini hewan kurbannya juga.

"Kalau kuliah rutin, setiap Idul Adha, kambing dari keluarga kami, maka saya akan potong sendiri," ujar Anies seusai menyembelih hewan kurbannya.

Menurut Anies, ia meneruskan kebiasaan sang ayah, Rasyid Baswedan. Sejak dulu, ayah Anies juga selalu menyembelih hewan milik keluarga atau miliknya sendiri.

"Dulu ayah juga begitu. Jadi saya nerusin kebiasaan," kata dia.

Baca juga: Cerita Anies Baswedan, Setahun Tanpa Wagub

Hari ini, dua putra Anies, Mikail Azizi Baswedan dan Ismail Hakim Baswedan, menyaksikan Anies menyembelih hewan kurbannya. Ia berharap, suatu hari nanti, anak-anaknya bisa meneruskan kebiasaan itu.

"Seperti saya menyaksikan ayah saya dulu memotong kambing kurbannya sendiri, sekarang saya pun yang saya potong adalah kurban saya sendiri. Mudah-mudahan nanti insya Allah anak-anak meneruskan tradisi itu," ucap Anies.


Penulis : Nursita Sari
Editor : Khairina