Jika Sungai Cikeas Meluap, 2 Perumahan di Bekasi Ini Terancam Banjir

Jumat, 26 April 2019 | 15:28 WIB

Tampak pos pantau di Sungai Cikeas, Bogor Jawa Barat, sudah tergenang banjir akibat status Sungai Cikeas siaga 1, Jumat (26/4/2019).Dokumentasi KP2C Tampak pos pantau di Sungai Cikeas, Bogor Jawa Barat, sudah tergenang banjir akibat status Sungai Cikeas siaga 1, Jumat (26/4/2019).

BEKASI, KOMPAS.com - Curah hujan tinggi yang terjadi pada Kamis (25/4/2019) tadi malam membuat hulu Sungai Cikeas, Bogor, Jawa Barat meluap dan berstatus siaga 1.

Ketua Komunitas Peduli Sungai Cileungsi Cikeas (KP2C), Puarman mengatakan, meluapnya hulu Sungai Cikeas berdampak pada dua perumahan di wilayah Kota Bekasi berpotensi tergenang banjir.

"Dua perumahan, perumahan Puri Nusaphala dan perumahan Mandosi Permai di Jatiasih, itu yang paling berpotensi kena banjir karena luapan Sungai Cikeas," kata Puarman saat dihubungi Kompas.com, Jumat (26/4/2019).

Baca juga: Banjir Luapan Sungai Cikeas di Kabupaten Bogor, 1 Orang Meninggal

Dia menambahkan, ketinggian air di hulu Sungai Cikeas sudah mencapai 500 sentimeter dari pukul 08.30 WIB hingga Jumat siang.

Hal itu membuat dua perumahan di Kota Bekasi tersebut berpotensi terkena banjir. Bahkan menurut pantauan timnya, pos pantau Sungai Cikeas di Kota Bekasi sudah mulai tergenang banjir.

"Ketinggian 500 sentimeter itu baru terjadi lagi setelah enam tahun terakhir. Jadi saat ini sungai cikeas statusnua siaga 1 yah," ujar Puarman.

Baca juga: Banjir Setinggi 1,5 Meter Melanda Balekambang, Jakarta Timur

Dia mengimbau kepada di dua perumahan tersebut agar waspada sewaktu-waktu banjir datang menggenang rumahnya.

"Buat warga di sana agar waspada yah, saya enggak bisa memprediksi kapan akan banjir tapi ini siaga 1. Kita juga sudah koordinasi dengan BPBD agar bersiap di sana," tutur Puarman.


Penulis : Dean Pahrevi
Editor : Dian Maharani