Dapat 100 Gerobak Motor, Pemkot Jakut Targetkan Angkut Sampah di Jalan Sempit

Senin, 4 Februari 2019 | 13:05 WIB

Deretan gerobak motor pengangkut sampah di Kantor Wali Kota Jakarta Utara, Senin (4/2/2019).KOMPAS.com/Ardito Ramadhan D Deretan gerobak motor pengangkut sampah di Kantor Wali Kota Jakarta Utara, Senin (4/2/2019).

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemerintah Kota Jakarta Utara menerima 100 unit gerobak motor atau germor pengangkut sampah dari Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta pada Senin (4/2/2019) pagi tadi.

Wali Kota Jakarta Utara Syamsuddin Lologau mengatakan, germor itu akan dioperasikan untuk mengangkut sampah dari titik-titik yang tak bisa dilewati kendaraan roda empat.

Baca juga: Sudah Ada Tong, Pengunjung CFD Bundaran HI Masih Buang Sampah Sembarangan

"Satu germor akan menampung 1,5 meter kubik sampah dan itu sangat membantu petugas kebersihan dalam mengangkut sampah di jalan lingkungan," kata Syamsuddin dalam siaran pers.

Syamsuddin menuturkan, 100 unit germor tersebut akan dibagikan ke 31 kelurahan di wilayah Jakarta Utara yang membutuhkan.

Sebanyak 100 unit germor itu menambah jumlah germor yang dimiliki Pemkot Jakut sebelumnya yang berjumlah 224 unit.

Syamsuddin berharap, germor akan memudahkan proses pengangkutan sampah.

"Ini sebagai bentuk peningkatan pelayanan kepada masyarakat di bidang penanganan kebersihan. Tolong dipelihara dengan baik karena motor ini juga butuh dirawat agar maksimal dalam mengangkut sampah," ujar Syamsuddin.

Baca juga: Gaet PT Pegadaian, Ridwan Kamil Matangkan Program Sampah Jadi Emas

Adapun idealnya, setiap RW di wilayah Jakarta Utara mempunyai satu unit germor.

Sedangkan, jumlah sampah di Jakarta Utara mencapai 900 ton hingga 1.100 ton sampah per harinya.


Penulis : Ardito Ramadhan
Editor : Andri Donnal Putera