Pimpinan Jenggala Center Sebut Baliho Kalla Bantu Tingkatkan Elektabilitas Jokowi-Ma'ruf

Minggu, 3 Februari 2019 | 19:12 WIB

Presiden Joko Widodo dan Jusuf Kalla menghadiri konsolidasi Jenggala Center.Kompas.com/Rakhmat Nur Hakim Presiden Joko Widodo dan Jusuf Kalla menghadiri konsolidasi Jenggala Center.

JAKARTA, KOMPAS.com - Ketua Dewan Pembina Jenggala Center Iskandar Mandji mengungkapkan baliho Wakil Presiden Jusuf Kalla di sejumlah kawasan Indonesia mampu mengatrol elektabilitas pasangan petahana Joko Widodo-Ma'ruf Amin.

"Ada baliho yang Pak JK (Jusuf Kalla) punya statement bahwa saya mendukung Jokowi-Ma'ruf. Ternyata baliho yang memuat statement Pak JK itu pengaruhnya besar sekali," ujar Iskandar saat ditemui di Hotel JS Luwansa, Jakarta, Minggu (3/2/2019).

"Banyak sekali masyarakat yang merasa bahwa dukungan Pak JK itu memberikan pembenaran, bahwa kepemimpinan Jokowi itu berhasil," lanjut dia.

Baca juga: Jokowi: Pak JK sejak Awal Bantu Kami

Ia memaparkan hal itu terbukti dari naiknya elektabilitas Jokowi-Ma'ruf di Sulawesi Selatan pada akhir Januari. Menurutnya, hal itu terjadi lantaran Jenggala Center sudah mulai bekerja pada akhir Desember.

Ia menambahkan salah satu strategi yang dilakukan ialah memasang baliho Kalla di sejumlah tempat di beberapa provinsi, termasuk Sulawesi Selatan.

"Alhamdulillah, setelah Jenggala Center konsolidasi di Desember dan kemarin kami melakukan lagi penelitian, ternyata di beberapa daerah seperti Sulawesi Selatan, Sumatera Selatan, Kalimantan Timur itu sudah mulai naik elektabilitas Pak Jokowi," kata Iskandar.

"Jadi di sana ada dua baliho yang kami pasang. Pertama baliho tentang dukungan terhadap Jokowi-Ma'uf. Yang kedua ada baliho yang Pak JK punya statement bahwa saya mendukung Jokowi-Ma'ruf," lanjut dia.


Penulis : Rakhmat Nur Hakim
Editor : Dian Maharani