Imlek Jadi Momen Tingkatkan Semangat Kekeluargaan

Jumat, 16 Februari 2018 | 18:09 WIB

Sejumlah tokoh nasional menyambangi Vihara Dharma Bakti, Glodok, Jakarta Barat, pada Jumat (16/2/2018).KOMPAS.com/Ardito Ramadhan D Sejumlah tokoh nasional menyambangi Vihara Dharma Bakti, Glodok, Jakarta Barat, pada Jumat (16/2/2018).

JAKARTA, KOMPAS.com - Kepala Unit Kerja Presiden Pembinaan Ideologi Pancasila, Yudi Latif, menyampaikan ucapan selamat tahun baru Imlek di Vihara Dharma Bakti, Glodok, Jakarta Barat, Jumat (16/2/2018).

"Kami ingin menyatakan selamat tahun baru Imlek, Gong Xi Fa Cai. Dengan semangat Imlek, terutama kita naikkan ingatan kita terhadap ingatan-ingatan konsenden, ingatan dengan leluhur, kultural, dan ingatan kesejarahan," kata Yudi.

Ia pun mengharapkan momen tahun baru Imlek ini dapat meningkatkan semangat kekeluargaan masyarakat Indonesia. "Imlek juga meng-connect-an semangat kekeluargaan, mulai dari keluarga sekasur, serumah, jadi sesumur, lalu se-Indonesia, dan bahkan sedunia," ujar Yudi.

Baca juga: Datangi Vihara Saat Imlek, Try Sutrisno-Mahfud MD Jadi Sasaran Berfoto

Menurut dia, semangat kekeluargaan tersebut merupakan salah satu pesan moral dari Pancasila. "Itu pesan moral dari Pancasila bahwa kita ini menjadi bangsa, tapi juga ingin merawat persaudaraan dengan bangsa-bangsa lain di muka bumi," ucapnya.

Bersama Yudi, sejumlah tokoh nasional, seperti Mahfud MD, Try Soetrisno, dan Romo Benny Setiawan, juga mengunjungi Vihara Dharma Bakti. Sebelumnya, Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan dan Sandiaga Uno, juga sempat menyambangi wihara tersebut.

Baca juga: Doa Sandiaga Uno pada Hari Raya Imlek

Kompas TV Jumlah penumpang kereta api di Semarang, Jawa Tengah bahkan melonjak hingga 10%.




Penulis : Ardito Ramadhan
Editor : Erwin Hutapea